SKRIPSI PAI
Konsep Pemikiran Pendidikan Islam Hamka
Pendidikan Islam adalah mempelajari al Quran dan mengembangkan sebuah sistem kesalihan yang mengitarinya. Maka kegiatan awalnya telah dimulai sejak masa Nabi Muhammad SAW. Pemikiran merupakan hasil atau produk dari aktifitas dan kegaitan akal budi yang disebut berfikir. Islam adalah kata sebagai sifatnya, sehingga pemikiran Islam merupakan dasar berpikir yang disandarkan pada kebenaran ajaran Islam menurut al Quran dan hadits. Rumusan dalam penelitian ini meliputi apa yang dimaksud pendidikan Islam menurut Hamka, apa komponen-komponen pendidikan Islam menurut Hamka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pendidikan Islam menurut Hamka merupakan usaha sederhana dalam rangka membentuk manusia yang sempurna atau insan kamil. Pendidik yaitu semua orang yang berwenang dan bertanggung jawab untuk membimbing dan membina peserta didik, baik secara individu atau klasikal disekolah maupun luar sekolah. Peserta didik adalah makhluk yang sedang mengalami perkembangan dan pertumbuhan menurut fitrahnya masing-masing. Kurikulum pendidikan yang diajarkan Hamka lebih kepada ajaran kesehatan mental yaitu di bidang tasawuf. Metode pembelajaran yang dipakai yaitu metode berfikir dan keteladanan. Pemikiran pendidikan Islam meruapakan suatu proses yang berlangsung secara sadar dalm rangka mentranformasikan suatu ilmu dari pendidik kepada anak didik agar memiliki suatu pemahaman dan pengetahuan yang baik.
10SK108039.00 | SK 2x7.423 37 FAU k C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain