SKRIPSI PAI
Studi Komparasi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Agama Islam (PAI) Antara Peserta Didik Yang Belajar Di SDNKauman 07 Batang Dengan SDN Proyonanggan 11 Batang
Skripsi ini membahas mengenai kegiatan belajar yang merupakan hal yang paling pokok dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah. Hal ini berarti berhasil tidaknya pencapain tujuan pendidikan banyak tergantung kepada proses belajar yang dialami oleh murid sebagai anak didik. Berhasil atau tidaknya proses pembelajaran bias diketahui dari prestasi yang dicapai peserta didik. Perkembangan anak atau peserta didik dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, masyarakat dan lingkungan pendidikan. Mengingat perkembangan sekarang, pendidikan agama perlu ditanamkan di semua aspek lingkungan tersebut. Di lembaga pendidikan, seperti di SDN Kauman 07 dan SDN Proyonanggan 11 Batang, hal ini diwujudkan dengan pemberian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Mengacu hal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana prestasi belajar mata pelajaran PAI peserta didik yang belajar di SDN Kauman 07 Batang, bagaimana prestasi belajar mata pelajaran PAI peserta didik di SDN Proyonanggan 11 Batang, dan bagaimana perbandingan prestasi belajar di kedua sekolah dasar tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan oleh SDN Kauman 07 dan SDN Proyonanggan 11 Batang sudah baik, juga prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa di kedua SDN tersebut termasuk dalam kategori baik. Dan setelah dilakukan analisis dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar mata pelajaran PAI antara siswa yang belajar di SDN Kauman 07 dengan siswa yang belajar di SDN Proyonanggan 11 Batang.
10SK108011.00 | SK 371.27 MAE s C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain