SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Implementasi Learning To Play Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak di TK Muslimat Jatirejo Kecamatan Ampel Gading Kabupaten Pemalang
Belajar sambil bermain (Learning To Play) merupakan pendekatan dalam pembelajaran anak usia dini/pra sekolah untuk mencapai optimalisasi semua aspek perkembangan, baik perkembangan fisik, kognitif, bahasa, sosio emosional, konsep diri, disiplin, seni, moral dan nilai-nilai agama, di samping kebutuhan akan kesehatan dan gizinya. Dengan penerapan metode ini pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan sehingga anak-anak lebih bebas untuk berkreasi dan bereksplorasi menjadi lebih mandiri dan anak lebih bersemangat dalam belajar karena lingkungan belajar yang menyenangkan dan positif bagi anak. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana pelaksanaan metode Learning to Play di TK Muslimat Jatirejo Kecamatan Ampelgading Kab.Pemalang?, Bagaimana kemandirian anak di TK Muslimat Jatirejo Kecamatan Ampelgading-Pemalang? dan Bagaimana Implementasi learning to play dalam meningkatkan kemandirian anak di TK Muslimat Jatirejo Kec. Ampelgading Kab. Pemalang?, Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pelaksanaan metode learning to play di TK Muslimat Jatirejo Kecamatan Ampelgading-Pemalang, Untuk mengetahui kemandirian anak di TK Muslimat Jatirejo Kecamatan Ampelgading-Pemalang, Untuk mengetahui implementasi learning to play dalam meningkatkan kemandirian anak di TK Muslimat Jatirejo Kec. Ampelgading Kab. Pemalang. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalah Bagi dunia pendidikan, menambah kajian kepustakaan bagi pembaca (orang tua, pendidik, maupun pemerhati pendidikan ) dan memberi kontribusi tentang implementasi learning to play dalam meningkatkan kemandirian anak dan bisa memberikan tambahan informasi dan keilmuan dibidang TK khususnya di TK Muslimat Jatirejo Kec. Ampelgading Kab. Pemalang sehingga dapat memberikan masukan dalam membuat kebijakan dan mutu pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, sedangkan pendekatannya adalah kualitatif dengan mengambil tempat di TK Muslimat Jatirejo Kec.Ampelgading Kab. Pemalang. Pengumpulan data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh, kemudian dianalisis dengan analisa deskriptif.
Dari hasil penelitian implementasi learning to play dalam meningkatkan kemandirian anak di TK Muslimat Jatirejo Ampelgading Pemalang, menunjukkan bahwa Di TK Muslimat Jatirejo pembelajaran dilaksanakan dengan learning to play atau belajar sambil bermain sehingga dengan penerapan metode ini pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan serta sesuai dengan perkembangan anak. Penerapan metode Learning to Play dapat meningkatkan kemandirian anak, melalui pembiasaan yang dilakukan setiap harinya dengan belajar sambil bermain maka kemandirian anak semakin tumbuh serta melalui cerita yang disampaikan dalam pembelajaran sambil bermain maka daya imajinasi anak meningkat sehingga kemandirian anak dalam berpikir dan bertingkah laku meningkat. Dengan membiasakan anak untuk mandiri maka anak dapat melakukan aktivitasnya sendiri dan dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Untuk mendapatkan hasil yang baik dalam penerapan metode ini dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai, sarana dan prasarana ini tidak harus mahal karena dapat dibuat sendiri memakai bahan alam maupun bahan bekas. Penguasaan guru tentang metode learning to play ini juga mempunyai andil besar dalam keberhasilannya. Sehingga dengan penerapan metode ini anak-anak lebih bebas untuk berkreasi dan bereksplorasi menjadi lebih mandiri, lebih berani mengambil keputusan, dari anak cengeng menjadi lebih berani, dan anak lebih bersemangat dalam belajar karena lingkungan belajar yang aman, menarik dan positif bagi anak.
10SK107821.00 | SK PAI13.1078 SUC i C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain