SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pengaruh Penanaman Nilai Pendidikan Agama Islam Oleh Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pendidikan Agama Islam Di SMP 01 Paninggaran Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan
Pendidikan agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan. Penanaman tersebut dilakukan oleh guru dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di SMP Negeri 01 Paninggaran seperti BTQ (Baca Tulis Quran), Taghani, shalat Dhuha, tadarus Al-Quran sebelum pelajaran di mulai, dan sholat Dzuhur berjamaah. Kegiatan tersebut diajarkan kepada siswa dengan visi untuk mewujudkan manusia bertakwa kepada Allah dan berakhlaq mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai disiplin, dan prodiktif. Selain itu untuk mendorong terciptanya penanaman nilai-nilai agama Islam siswa dapat belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, karena pelajaran tersebut memiliki banyak manfaat yang berguna untuk dunia dan akhirat, Sehingga dari penanaman tersebut siswa dapat termotivasi untuk belajar pendidikan agama Islam lebih mendalam. Untuk mendorong terciptanya motivasi belajar dan menyemangati siswa dalam menuntut suatu pelajaran sehingga menunjukkan taraf kemampuan siswa dalam mengikuti program belajar dalam waktu tertentu sesuai dengan kurikulum yang telah ditentukan, karena motivasi sangatlan penting sebagai dorongan dari dalam maupun dari luar untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Permasalahan yang penulis kemukakan dalam penelitian ini meliputi: bagaimana penanaman nilai pendidikan agama Islam di SMP 01 Paninggaran kecamatan Paninggaran kabupaten Pekalongan? bagaimana motivasi siswa dalam belajar pendidikan agama Islam di SMP 01 Paninggaran kecamatan Paninggaran kabupaten Pekalongan? bagaimana pengaruh penanaman nilai pendidikan agama Islam oleh guru terhadap motivasi belajar siswa dalam pendidikan agama Islam di SMP 01 Paninggaran kecamatan Paninggaran kabupaten Pekalongan. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai pendidikan agama Islam di SMP 01 Paninggaran kecamatan Paninggaran kabupaten Pekalongan, mengetahui bagaimana motivasi siswa dalam belajar pendidikan agama Islam di SMP 01 Paninggaran kecamatan Paninggaran kabupaten Pekalongan dan mendeskrisikan pengaruh penanaman nilai pendidikan agama Islam oleh guru terhadap motivasi belajar siswa dalam pendidikan agama Islam di SMP 01 Paninggaran kecamatan Paninggaran kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research), sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Paninggaran yang berjumlah 183. Kemudian peneliti mengambil sebagian objek sebagai sampel untuk di selidiki yang akan mewakili populasi. Dari populasi siswa kelas VIII yang berjumlah 183 orang penulis mengambil 20% dengan demikian jumlah sampelnya adalah 37 mahasiswa. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, angket, interview, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data, peneliti menggunakan regresi linier sederhana dengan progam SPSS Ver. 17.0.
Hasil penelitiannya adalah penanaman nilai pendidikan agama Islam oleh guru di SMP Negeri 01 Paninggaran dapat terlaksana dengan maksimal, hal ini dapat dibuktikan dari hasil statistik dimana nilai minimum 38 dan maksimumnya 57. Data penanaman pendidikan agama Islam oleh guru yang diambil dengan kuesioner yang berisi 15 butir soal. Jumlah skor yang yang didapatkan secara keseluruhan sebanyak 1788, sedangkan skor ideal yang didapatkan dari soal berjumlah (15x4x37) = 2220, sehingga presentase skor keseluruhan sebesar 1788/2220x100% = 80,54 angka tersebut termasuk dalam kategori baik. Sedangkan untuk hasil penelitian Motivasi belajar siwa SMP Negeri 01 Paninggaran dapat terlaksana dengan baik, hal ini dibuktikan dari hasil statistik nilai minimum 41 dan nilai maksimum 57. Dan motivasi belajar siwa SMP Negeri 01 Paninggaran yang diambil dengan kuesioner yang berisi 15 butir soal. Jumlah skor yang yang didapatkan secara keseluruhan sebanyak 1795, sedangkan skor ideal yang didapatkan dari soal berjumlah (15x4x27) = 2220, sehingga presentase skor keseluruhan sebesar 1795/2220x100% = 80,85 angka tersebut termasuk dalam kategori baik.
Kemudian hasil analisis Pengaruh Penanaman Nilai Pendidikan Agama Islam oleh Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam PAI di SMP Negeri 0 Paninggaran. Meskipun ketika melihat hasil masing-masing variabel itu bagus tapi ketika peneliti menghitung hasil antara ke dua variabel tersebut, hasil analisis menunjukan bahwa pada tabel output coefficients diperoleh nilai T hitung 1,106 lebih kecil dari T tabel sebesar 2,020 pada tingkat signifikasi 5% , maka dapat disimpulkan bahwa Penanaman Nilai Pendidikan Agama Islam oleh Guru tidak berpengaruh terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam PAI di SMP Negeri 01 Paninggaran. Pada tabel juga nampak nilai signifikasi 0,276. Karena nilai signifikansi lebih besar dari 5%, itu menunjukkan bahwa variabel X tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel Y, dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan ditolak.
10SK107421.00 | SK PAI13.1074 UFI p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain