SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Korelasi Pembelajaran BTQ Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 02 Kedungwuni Pekalongan
Kata kunci : Korelasi Pembelajaran BTQ Dengan Prestasi Belajar
Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah suatu hasil belajar
yang dicapai oleh siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan dapat
mengamalkan ajaran agama Islam dengan baik dan benar. Tinggi rendahnya prestasi
belajar Pendidikan Agama Islam dapat dilihat dari kemampuan baca tulis Al-
Qurannya. Semakin tinggi anak dapat membaca dan menulis huruf Al-Quran maka
semakin baik prestasi belajar Pendidikan Agama Islam anak. Sebaliknya, semakin
rendah anak membaca dan menulis huruf Al-Quran, maka semakin rendah prestasi
belajar Pendidikan Agama Islam. Dengan demikian bahwa kemampuan Baca Tulis
Al-Quran menentukan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di sekolah dasar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran BTQ
bagi siswa kelas V di SDN 02 Kedungwuni Pekalongan? bagaimana prestasi belajar
siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 02 Kedungwuni
Pekalongan? bagaimana korelasi pembelajaran BTQ dengan prestasi belajar siswa
kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 02 Kedungwuni
Pekalongan?. Kegunaan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan kajian bagi guru
bahwa adanya muatan lokal Baca Tulis Al-Quran di SDN 02 Kedungwuni
Pekalongan dapat membantu siswa kelas V dalam meningkatkan prestasi belajar
dalam bidang Pendidikan Agama Islam.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode
pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket dan dokumentasi. Adapun
dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus product moment.
Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Pembelajaran BTQ bagi siswa kelas
V di SDN 02 Kedungwuni Pekalongan termasuk kategori Baik, karena nilai rata-rata
angket variabel x atau angket tentang pembelajaran BTQ bagi siswa sebesar 71
berada di interval 70 – 71 yang berada pada kategori baik. Kedua, Prestasi belajar
siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 02 Kedungwuni
Pekalongan termasuk dalam kategori baik, karena nilai rata-rata ulangan siswa kelas
V semester I tahun pelajaran 2013/2014 SDN 02 Kedungwuni Pekalongan pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 71 berada di interval 71 – 85 yang berarti
termasuk dalam kategori baik. Ketiga, Ada korelasi yang signifikan antara
pembelajaran BTQ dengan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PAI di
SDN 02 Kedungwuni Pekalongan. Setelah dilakukan penelitian dengan N = 24
diperoleh bahwa nilai xy r sebesar 0,912, dalam pedoman interpretasi nilai r terletak
pada interval 0,910 – 1,000, dapat disimpulkan bahwa antar variabel yang
dikorelasikan terdapat korelasi positif yang sangat kuat. Dengan demikian hipotesis
yang penulis ajukan dapat diterima kebenarannya.
10SK107321.00 | SK PAI13.1073 HID k C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain