SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Telaah Materi Pembelajaran Fikih Berbasis Kontekstual (Analisis Deskriptif Bina Fikih Untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV Terbitan Erlangga)
Pembelajaran kontekstual merupakan sebuah inovasi pendidikan yang berupaya membantu siswa lebih berperan aktif untuk menemukan hubungan penuh antara ide-ide abstrak dengan penerapan praktis dalam kehidupan nyata. Ide-ide abstrak dalam hal ini disebut materi pembelajaran biasanya termaktub dalam sebuah buku yang biasa dikenal dengan istilah buku teks. Buku teks {Bina Fikih Untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV} Terbitan Erlangga merupakan buku teks yang secara sekilas memiliki karakteristik buku teks berbasis kontekstual.
Permasalahan mendasar adalah, bagaimana penulisan buku teks serta karakteristik materi pembelajaran dalam buku teks {Bina Fikih Untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV} didasarkan pada pembelajaran kontekstual.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian penelitian ini adalah penelitian pustaka (library reseach). Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah membaca dan menelaah dengan teliti untuk dimengerti dan dipahami dengan sebaik-baiknya, menghimpun data-data yang berkaitan dengan subjek penelitian tersebut, mengelompokan data-data yang terhimpun kemudian disusun kedalam bab dan sub babnya guna mempermudah dalam menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Isi (Content Analysis).
Dari hasil analisis, diketahui bahwa dalam buku teks {Bina Fikih Untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV} Terbitan Erlangga memiliki hampir semua karakteristik buku berbasis kontekstual. Karakteristik buku berbasis kontekstual yang terdapat dalam buku teks {Bina Fikih Untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV} adalah prinsip pembelajaran dalam buku teks (kesiapan, motivasi, penggunaan alat pemusat perhatian,parisipasi aktif peserta didik, perulangan, umpan balik, visi interaksi sosial kognitif, authentic assesment, refleksi, life skill, kebergantungan, pengalaman langsung, aplikasi, kooperasi, serta alih pengetahuan dan teknologi), prinsip pengembangan tujuan mata pelajaran (membentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap), prinsip penyusunan materi buku teks (akuransi, relevansi, cukup memadai, dan konsisten), prinsip bahasa dan keterbacaan, prinsip penampilan buku (aspek grafika). Karakteristik materi pembelajaran yang terdapat yaitu: Keterkaitan dengan konteks lingkungan dimana peserta didik berada (lingkungan sosial, lingkungan fisik, budaya, psikologis dan lingkungan ekonomis), keterkaitan dengan materi pelajaran lain secara terpadu (mapel IPA, IPS, BTQ, PKn, dan matematika), mampu diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, memberikan pengalaman langsung melalui kegiatan inquiry, pengembangan kemampuan kooperatif sekaligus kemandirian, materi pembelajaran dalam buku teks {Bina Fikih untuk Madrasah Ibtidaiyah kelas IV} masih terpisah dengan bagian buku lain seperti refleksi atau bahas kasus kita.
10SK106121.00 | SK PAI13.1061 KHA t C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain