SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pendidikan Islam Menurut Hasan Langgulung (Suatu Kajian Psikologi Perkembangan)
Kata Kunci: Pendidikan Islam dan Psikologi Perkembangan Menurut Hasan
Langgulung.
Pendidikan Islam mengemban tugas penting, yakni bagaimana
mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) agar umat Islam dapat
berperan aktif dan tetap survive di era globalisasi. Menyikapi persoalan tersebut,
Hasan Langgulung berupaya untuk memberikan kontribusinya dalam
mengembangkan pemikiran pendidikan Islam sebagai langkah konkrit dalam ikut
menyelesaikan berbagai problematika sistem pendidikan Islam dan menghendaki
adanya keutuhan sistem pendidikan Islam modern.
Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana
konsep tentang pendidikan Islam? Bagaimana konsep pendidikan Islam menurut
Hasan Langgulung? Dan bagaimana penerapan psikologi perkembangan dalam
pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung? Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan konsep tentang pendidikan Islam, untuk mendeskripsikan
konsep pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung, dan untuk mendeskripsikan
penerapan psikologi perkembangan dalam pendidikan Islam menurut Hasan
Langgulung. Sedangkan kegunaan penelitian ini antara lain secara teoritis
diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi khazanah keilmuan dalam dunia
pendidikan khususnya memahami tentang pendidikan Islam menurut Hasan
Langgulung dan secara praktis diharapkan dapat menambah wawasan tentang
pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung serta dapat memberikan
sumbangsih pemikiran berkaitan dengan upaya Hasan Langgulung dalam
memadukan pemikiran Barat modern dengan pemikiran Islam.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi literatur (pustaka) atau
library research dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber datanya terdiri
dari sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan datanya dengan cara
studi pustaka. Sedangkan analisis datanya yaitu dengan menggunakan teknik
analisis deskriptif yaitu pengumpulan dan penyusunan data kemudian berusaha
menganalisis dan menafsirkan data tersebut.
Hasil penelitian ini yaitu bahwa hakikat pendidikan Islam adalah usaha
orang dewasa Muslim yang bertakwa secara sadar mengarahkan dan membimbing
pertumbuhan serta perkembangan fitrah (kemampuan dasar) anak didik melalui
ajaran Islam ke arah titik maksimal pertumbuhan dan perkembangannya.
Pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung adalah sebagai suatu proses
spiritual, akhlak intelektual, dan sosial yang berusaha membimbing manusia dan
memberinya nilai-nilai, prinsip-prinsip dan teladan ideal dalam kehidupan yang
bertujuan mempersiapkan kehidupan dunia akhirat. Penerapan psikologi dalam
pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung adalah didasarkan pada pengertian
ataupun fungsi pendidikan, yaitu pemindahan nilai-nilai, ilmu, dan keterampilan
dari generasi tua kepada generasi muda untuk melanjutkan dan memelihara
identitas masyarakat tersebut. Dalam proses belajar, pelajar tidak sekedar
menerima dalam keadaan pasif, tetapi aktif dan dinamis.
10SK106021.00 | SK PAI13.1060 IZA p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain