SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Strategi Guru Dalam Membina Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Cempakasari Kelurahan Karangmalang Pekalongan
Pendidikan Anak Usia Dini merupakan upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Peran guru sebagai peletak dasar-dasar pendidikan moral agama dan akhlak di lingkungan sekolah memang demikian menentukan. Pemahaman spiritual pada anak sangat bergantung dari sikap dan perlakuan guru dalam membina jiwa spiritual peserta didik. Tentunya bukanlah hal yang mudah bagi para guru untuk membina kecerdasan spiritual anak terutama pada anak usia dini. Dibutuhkan kesabaran, ketelatenan, serta strategi-strategi yang tepat dari guru agar kecerdasan spiritual pada diri anak dapat terbina dengan baik.
Adapun yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah Bagaimana konsep kecerdasan spiritual anak usia dini?, Bagaimana strategi yang digunakan guru dalam membina kecerdasan spiritual anak usia dini di Kelompok Bermain Cempakasari Kelurahan Karangmalang Pekalongan?, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan kecerdasan spiritual anak usia dini di Kelompok Bermain Cempakasari Kelurahan Karangmalang Pekalongan?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep kecerdasan spiritual anak usia dini, untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan guru dalam membina kecerdasan spiritual anak usia dini di Kelompok Bermain Cempakasari Kelurahan Karangmalang Pekalongan, dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan kecerdasan spiritual anak usia dini di Kelompok Bermain Cempakasari Kelurahan Karangmalang Pekalongan. Sedangkan kegunaan dari skripsi ini adalah penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi tentang strategi yang tepat yang dapat digunakan oleh para guru dalam membina kecerdasan spiritual anak usia dini di lingkungan sekolah tempat mereka belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah field research (lapangan). Dengan alat pengumpul data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan penulis yaitu metode analisis deskriptif deduktif dan induktif. Sumber data primer dari penelitian ini adalah guru-guru di Kelompok Bermain Cempakasari Kelurahan Karangmalang Pekalongan, sedangkan sumber data sekunder berupa arsip sekolah dan perangkat pembelajaran yang ada di Kelompok Bermain Cempakasari Kelurahan Karangmalang Pekalongan
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kecerdasan spiritual pada anak usia dini masih bersifat potensi dan imajinatif yang memerlukan proses pembinaan. Pada anak usia dini kecerdasan spiritual belum dapat diukur dan dinilai secara langsung karena merupakan proses pembinaan jangka panjang yang hasilnya dapat dilihat ketika dewasa kelak. Strategi guru dalam membina kecerdasan spiritual anak usia dini di Kelompok Bermain Cempakasari Kelurahan Karangmalang Pekalongan adalah dengan memberikan latihan-latihan mental spiritual melalui metode pembelajaran yang efektif. Sementara faktor pendukung pembinaan kecerdasan spiritual ini adalah dari program pembelajaran, guru, media, sarana dan prasarana, serta orang tua. Sedangkan faktor pemhambat adalah karakter anak yang bermacam-macam, guru yang kurang menguasai tujuan pembelajaran, serta pola asuh orang tua yang tidak mendukung.
10SK105121.00 | SK PAI13.1051 FIT s C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain