SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Implementasi Metode Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah (Studi Di SDN 02 PantianomBojong Pekalongan)
Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang menjadi tujuan utamanya adalah bagaimana nilai-nilai ajaran Islam yang diajarkan akan dapat tertanam dalam diri siswa sehingga terjadi perubahan tingkah laku yang dilandasi dengan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan pribadinya maupun kehidupan sosial yang nantinya dapat berdampak pada terbentuknya insan kamil, bukan pemahaman bahwa proses pembelajaran PAI hanya sebagai proses penyampaian pengetahuan tentang agama Islam seperti yang terjadi selama ini.
Proses belajar yang terjadi di sekolah selama ini pada kenyataannya menunjukkan bahwa siswa lebih berperan sebagai obyek dan guru berperan sebagai subyek. Pusat informasi atau pusat belajar adalah guru, sehingga sering terjadi siswa akan belajar jika guru mengajar, begitu juga dalam penilaian yang masih menekankan hasil dari pada proses pembelajaran. Proses pembelajaran PAI di sekolah masih sebatas sebagai proses penyampaian pengetahuan agama Islam. Ini berarti siswa hanya menerima materi-materi PAI tanpa ada usaha menggali nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan merubah pendekatan dan metode dalam proses pembelajaran selama ini yaitu berpusat pada siswa dan peran guru sebagai fasilitator, dan pendekatan Contextual Teaching and Learning merupakan salah satu alternatif untuk melakukan perubahan tersebut. Dengan penggunaan metode ini diharapkan pembelajaran PAI lebih mudah diimplementasikan
Dalam penelitian ini, muncul permasalahan yang akan dikaji yaitu bagaimana implementasi metode pembelajaran contextual teaching and learning pada pembelajaran pendidikan agama islam, usaha apa saja yang dilakukan Guru PAI dalam meningkatkan kualitas Proses pembelajaran PAI melalui penggunaan pendekatan CTL, apa saja kendala-kendala dan bagaimana upaya-upaya mengatasi kendala penerapan metode pembelajaran CTL di SDN 02 Pantianom. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran CTL dalam pembelajaran pendidikan agama islam, untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan Guru PAI dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran PAI melalui penggunaan pendekatan CTL, untuk mengetahui kendala-kendala dan upaya-upaya mengatasi kendala-kendala penerapan Metode Pembelajaran CTL di SDN 02 Pantianom Bojong Pekalongan. Kegunaan penelitian ini diharapkan dapat menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan ilmiah di bidang pendidikan, khususnya yang ada hubungannya dengan penerapan CTL pada pembelajaran pendidikan agama Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research), dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang dapat diamati. Untuk mendapatkan data, penulis menggunakan teknik pengumpulan data antara lain: observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dilapangan dapat disimpulkan,bahwa penerapan pendekatan CTL dalam pembelajaran PAI di SDN 02 Pantianom Bojong Pekalongan sudah berjalan baik, hal tersebut dapat dilihat dari penerapan masing-masing komponen atau aspek pembelajaran kontekstual yang ada, yaitu; konstruktifisme, inquiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian autentik. Usaha-usaha Guru PAI dalam meningkatkan kualitas Proses pembelajaran PAI yaitu; Penerapan variasi metode,memperhatikan tingkat kemampuan siswa dan memanfaatkan sumber belajar.
10SK105021.00 | SK PAI13.1050 MUN i C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain