SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Kepemimpinan Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Wilayah Kecamatan Comal Dan Ampelgading Kabupaten Pemalang
Salah satu faktor keberhasilan dalam proses belajar mengajar adalah strategi kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah. Kepala sekolah yang baik yang dapat memimpin dan mengarahkan sekolah dengan baik akan dapat meningkatkan mutu pendidikan. Keberadaan sekolah sangatlah penting, karena dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dengan adanya sekolah yang berkualitas diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana fungsi pemimpin, administrator, supervisor, pendidik, kepemimpinan kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah wilayah Kecamatan Comal dan Ampelgading Kabupaten Pemalang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fungsi pemimpin, administrator, supervisor, pendidik, kepemimpinan kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah wilayah Kecamatan Comal dan Ampelgading Kabupaten Pemalang. Kegunaan penelitian ini adalah memberikan penjelasan tentang fungsi kepempimpinan kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah wilayah Kecamatan Comal dan Ampelgading Kabupaten Pemalang, sehingga diperlukan perhatian dari berbagai kalangan untuk mendukung peningkatan mutu sekolah..
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data dengan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah Wilayah Kecamatan Comal dan Ampelgading Kabupaten Pemalang : Pertama, dilihat dari fungsi pemimpin, sudah melaksanakan fungsinya dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari kinerja Kepala sekolah yang telah melaksanakan fungsi sebagai pemimpin dengan bersifat arif, bijaksana, adil tidak ada yang dianak emaskan, dalam melaksanakan tugasnya tidak menyampingkan saran dari bawahannya. Kedua, dilihat dari fungsi administrator, sudah melaksanakan fungsinya dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari kinerja Kepala sekolah yang telah mengelola administrasi berupa penyusunan dan pendokumenan seluruh program sekolah seperti : penyusunan kurikulum, administrasi peserta didik, administrasi personalia, administrasi sarana dan prasarana, administrasi kearsipan dan administrasi keuangan. Ketiga, dilihat dari fungsi supervisor, sudah melaksanakan fungsinya dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari kinerja Kepala sekolah yang telah melaksanakan supervisi dan evaluasi diantaranya : program sekolah, proses pembelajaran, dan keuangan. Keempat, dilihat dari fungsi pendidik, juga sudah melaksanakan fungsinya dengan baik, hal ini dapat dilihat Kepala Sekolah wilayah tersebut dapat dijadikan sebagai contoh bagi guru, staf dan siswa.
10SK104721.00 | SK PAI13.1047 SOL k C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain