SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Aplikasi Metode Qiraati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran Siswa Di MIS Samborejo 02
Al-Quran adalah pedoman umat Islam di dunia dan diwajibkan bagi kita semua untuk belajar membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Seharusnya anak didik membaca Al-Quran itu sejak kecil karena sangat penting guna memahami isi kandungan Al-Quran, namun yang terjadi pada saat ini banyak sekali yang kurang bisa membaca Al-Quran. Metode Qiraati merupakan metode yang lebih menekankan pada bacaan yang baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aplikasi metode Qiraati di MIS Samborejo 02, bagaimana kemampuan membaca Al-Quran siswa setelah diterapkan metode Qiraati, dan apa faktor pendukung dan penghambat dari aplikasi metode Qiraati di MIS Samborejo 02. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aplikasi metode Qiraati di MIS Samborejo 02, untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Quran siswa setelah diterapkan metode Qiraati, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari aplikasi metode Qiraati di MIS Samborejo 02. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi MIS Samborejo 02 dalam rangka meningkatkan pembelajaran Qiraati dan bahan panduan para guru dalam mengajar Qiraati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya lapangan, dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu gejala tertentu. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisa data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya berdasarkan pada gejala-gejala yang tampak dan pemusatan data-data yang sudah diperoleh dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Aplikasi Metode Qiraati di MIS Samborejo 02 diawali dengan guru pengampu sudah lulus tashih fsn mempersiapkan alat peraga, kartu absensi siswa serta materi pembelajaran. Pembelajaran menggunakan strategi klasikal dan individual, evaluasi dilakukan setiap hari oleh guru kelas Qiraati dan untuk tes kenaikan jilid oleh koordinator Qiraati. Namun, aplikasi metode Qiraati masih perlu ditingkatkan dan disempurnakan, (2) Kemampuan membaca Al-Quran siswa sudah baik, karena siswa sudah dapat membaca Al-Quran, dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa MIS Samborejo 02 adalah guru yang mengajar sudah ditashih dan bersyahadah, siswa yang siswa aktif dan rajin, sarana dan prasarana yakni tersedianya alat peraga. Sedangkan penghambatnya adalah keterbatasan waktu, jumlah siswa melebihi kapasitas dan adanya sebagian siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran.
10SK104321.00 | SK PAI13.1043 AND a C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain