SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Problematika Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Quran Hadits Kelas V Di MI Al-Muawanah Kendalrejo Petarukan
Kata Kunci: Problematika Peningkatan Prestasi Belajar Siswa
Keberhasilan pembelajaran siswa dapat dilihat dari nilai hasil belajar atau
prestasi belajar. Nilai hasil belajar dapat dipakai sebagai parameter untuk menilai
tingkat keberhasilan proses kegiatan pembelajaran. Untuk meningkatkan mutu
pendidikan, prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh faktor intern dan faktor
ekstern. Siswa di MI Al-Muawanah Kendalrejo Petarukan mengalami kejenuhan
dalam belajar karena kurangnya variasi dalam metode pembelajaran, hal ini
ditunjukkan dari malasnya siswa mengikuti mata pelajaran khususnya pembelajaran
Quran Hadits di MI tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran Quran Hadits kelas V di MI Al-Muawanah Kendalrejo
Petarukan? apa saja problematika peningkatan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran Quran Hadits kelas V di MI Al-Muawanah Kendalrejo Petarukan?.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran Quran Hadits kelas V di MI Al-Muawanah Kendalrejo Petarukan, dan
untuk mengetahui apa saja problematika peningkatan prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran Quran Hadits kelas V di MI Al-Muawanah Kendalrejo Petarukan.
Kegunaan penelitian ini untuk memberikan masukan kepada guru di MI Al-
Muawanah Kendalrejo Petarukan tentang cara dan upaya agar mereka lebih
memperhatikan cara mengajar yang mereka pergunakan dalam mendidik dan
meningkatkan prestasi belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode
pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi.
Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data kualitatif
dengan metode deskriptif analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran Quran Hadits kelas V di MI Al-Muawanah Kendalrejo Petarukan
dapat dilihat dari nilai ulangan harian pada semester I siswa kelas V MI Al-
Muawanah Kendalrejo Petarukan dalam mata pelajaran Quran Hadits yang
berjumlah 39 siswa, ada 13 siswa (33,3 %) sudah tuntas belajar atau sudah di atas
nilai KKM yang telah ditentukan sedangkan 26 siswa (66,7 %) masih berada di
bawah nilai KKM. Kedua, Problematika peningkatan prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran Quran Hadits kelas V di MI Al-Muawanah Kendalrejo Petarukan,
antara lain: terlalu banyak bermain, adanya rasa malas, banyak anak didik putera
yang tidak mengikuti TPQ di rumah. Sedangkan upaya yang dilakukan guru dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Quran Hadits kelas V di
MI Al-Muawanah, yakni: menjelaskan materi dengan intonasi suara yang bervariasi,
memberikan umpan balik kepada siswa, memberikan soal latihan di rumah,
memberikan tugas hafalan di rumah.
10SK104221.00 | SK PAI13.1042 ASI p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain