SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pembelajaran SKI Dengan Menggunakan Pendekatan Quantum Teaching Di MI Islamiyah Adinuso Kecamatan Subah Kabupaten Batang
Model pembelajaran Quantum Teaching adalah model yang digunakan dalam rancangan penyajian dalam belajar yang dirangkai menjadi sebuah paket yang multi sensor, multi kecerdasan, dan kompatibel dengan otak, mencakup petunjuk spesifik untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif, merancang kurikulum, menyampaikan isi, dan memudahkan proses belajar, Maksud dari asas di atas adalah guru harus membangun jembatan autentik untuk memasuki kehidupan siswa. Dengan memasuki dunia peserta didik berarti guru mempunyai hak mengajar, sehingga siswa dengan sukarela, antusias dan semangat untuk mengikuti pelajaran di MI Islamiyah Adinuso.
Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah yang akan dikaji adalah 1. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran SKI di MI Islamiyah Adinuso, 2. Bagaimana pelaksanaan Pembelajaran SKI dengan menggunakan pendekatan Quantum Teaching di MI Islamiyah Adinuso, 3. Bagaimana faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran SKI dengan pendekatan Quantum Teaching, dan. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran SKI di MI Islamiyah Adinuso, Mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran SKI dengan pendekatan Quantum Teaching, serta Mengetahui pelaksanaan Pembelajaran SKI dengan menggunakan pendekatan Quantum Teaching. Kegunaan penelitian adalah agar peserta didik termotivasi untuk belajar SKI, menambah pengetahuan tentang pemanfaatan metode Quantum Teaching sebagai metode pembelajaran
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data dengan metode deskriptif analisis yaitu data analisis dengan metode induktif atau cara mengambil suatu kesimpulan mulai dari yang khusus.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran SKI dengan pendekatan Quantum Teaching peneliti dan guru mata pelajaran SKI di MI Islamiyah Adinuso menyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran SKI dengan pendekatan Quantum Teaching membuat peserta didik merasa nyaman dan betah di kelas serta lebih bergairah dalam mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru karena model pembelajaran yang digunakan sesuai dengan apa yang diinginkan peserta didik. Oleh karena itu, model pembelajarn SKI dengan pendekatan Quantum Teaching mampu menumbuhkembangkan minat peserta didik dalam mengikuti pelajaran guna meningkatkan prestasi belajar yang diharapkan. Hambatan yang dihadapi dalam penerapan Quantum Teaching pada pembelajaran SKI antara lain, yaitu terbatasnya sarana dan fasilitas pendidikan, terbatasnya
waktu yang dialokasikan dan fasilitas seperti peralatan, tempat dan serta biaya yang memadai tidak tersedia dengan baik.
10SK104021.00 | SK PAI13.1040 AHM p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain