SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Implementasi Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asmaul Husna Bagi Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Karangmoncol Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012
Berkurangnya hasil belajar siswa di kelas II SD Negeri 02 Karangmoncol, salah satu faktornya adalah ketidaktepatan guru dalam menentukan metode pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi siswa, daya dukung dan kompleksitas materi pembelajaran. Untuk itu aktifitas peserta didik perlu ditingkatkan melalui latihan-latihan atau tugas dengan bekerja dalam kelompok kecil dan menjelaskan ide-ide kepada orang lain. Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan diatas maka penulis dapat merumuskan permasalahan penelitian tindakan kelas ini : 1) Bagaimana pemahaman Asmaul Husna pada siswa kelas II SD Negeri 02 Karangmoncol sebelum penerapan metode tutor sebaya? 2) Bagaimana pemahaman Asmaul Husna siswa kelas II SD Negeri 02 Karangmoncol setelah penerapan metode tutor sebaya? 3) Bagaimana peningkatan pemahaman Asmaul Husna siswa kelas II SD Negeri 02 Karangmoncol melalui metode tutor sebaya?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan metode tutor sebaya pada materi Asmaul Husna di kelas II semester II. Suasana belajar dan pembelajaran dikelas diarahkan agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya, ini berarti bahwa proses pembelajaran harus berorientasi kepada siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui penelitian tindakan kelas yang berdasarkan pada permasalahan yang terjadi di kelas II. Langkah yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan adalah dengan menggunakan metode tutor sebaya, yang terbagi menjadi dua siklus yakni siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian dengan menggunakan metode tutor sebaya dapat diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa meningkat, hal ini dapat terlihat dari hasil analisis yang menunjukan peningkatan signifikan dari 44.18 % sebelum menggunakan metode tutor sebaya meningkat menjadi 72.09 % pada siklus I dan 83.72 % pada siklus II. Melihat hasil tersebut dapat dilihat ada peningkatan sebesar 27.91 % ketika pra siklus menuju siklus I, kemudian terjadi peningkatan sebesar 11.63 % dari siklus I ke siklus II. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran tutor sebaya dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran dalam pelajaran PAI.
10SK103921.00 | SK PAI13.1039 MUL i C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain