SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Studi Komparasi Minat Belajar BTQ Antara Peserta Didik Yang Belajar Di TPQ Dengan Yang Tidak Di TPQ Di SD N Medono 01 Pekalongan
Kata Kunci : Minat, Belajar, Baca Tulis Al Quran (BTQ ), Taman Pendidikan Al Quran (TPQ).
Minat peserta didik dalam belajar Baca Tulis Al Quran (BTQ) harus didasarkan dengan adanya unsur perasaan senang, keinginan, perhatian, ketertarikan, kebutuhan, harapan, dorongan dan kemauan untuk memperdalam ilmu tentang Baca Tulis Al Quran (BTQ).
Minat belajar BTQ SD N Medono 01 pada umumnya bisa dikatakan masih jauh dari kesempurnaan. Dimana anak-anak seharusnya sudah siap untuk mengikuti pembelajaran BTQ pada jam 06.30, namun pada kenyataannya ada sebagian anak yang belum hadir pada saat pembelajaran akan dimulai. dan bahkan ada anak yang tidak mengikuti pembelajaran BTQ sama sekali. Hal ini tidak hanya terjadi pada anak-anak yang tidak mengikuti pembelajaran di TPQ saja, akan tetapi tidak jarang juga hal ini terjadi pada anak-anak yang mengikuti pembelajaran di TPQ.
Rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana minat belajar BTQ peserta didik SD N 01 Medono yang belajar di TPQ ? bagaimana minat belajar BTQ peserta didik SD N 01 Medono yang tidak belajar di TPQ? bagaimana perbedaan minat belajar peserta didik SD N Medono 01 yang belajar di TPQ dan yang tidak belajar di TPQ?
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan(field research). Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X dan variabel Y. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis data komparasional test.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa minat belajar BTQ peserta didik yang belajar di TPQ menunjukkan kategori baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan mean 70 berada pada interval 70 – 72, sedangkan minat belajar BTQ peserta didik yang tidak belajar di TPQ menunujukkan kategori cukup. Ini dapat dibuktikan dengan mean 54,33 berada pada interval 54 – 58. Komparasi minat belajar BTQ peserta didik yang belajar di TPQ dengan yang tidak di TPQ berdasarkan perhitungan dengan dengan teknik skor di peroleh to = 7,19 dan tt pada taraf signifikan 1% 3,408 dan taraf signifikan 5% 2,763 sehingga to lebih besar dari tt pada taraf signifikan 1% maupun 5% (3,408 < 7,19 > 2,763). Dengan demikian pada taraf signifikan 5% maupun 1% t0 lebih besar dari tt yang berarti adanya perbedaan yang signifikan minat belajar BTQ peserta didik yang belajar di TPQ dengan yang tidak di TPQ.
10SK103221.00 | SK PAI13.1032 RAH s C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain