SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Penerapan Metode Menghafal Dalam Pembelajaran Al-Quran Hadits Di MTS Ribatul Mutaalimin Pekalongan
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa mempelajari Al quran dan Hadits menjadi kewajiban bagi kaum muslimin. Keduanya menjadi sumber hukum agama Islam. Begitu pula dalam Pendidikan Islam sangat menganjurkan kaum muslim untuk mempelajari dan mengamalkan Al quran dan Hadits agar dapat memiliki kepribadian seorang muslim. Pengetahuan dan pemahaman tersebut dapat diperoleh pada pembelajaran Al quran Hadits dibeberapa Madrasah. Dalam hal ini MTs Ribatul Mutaallimin Pekalongan mempunyai tujuan untuk memberikan kemampuan dasar bagi peserta didik dalam membaca, menulis, menghafal, dan memahami Al quran Hadits.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penerapan metode menghafal dalam pembelajaran Al quran Hadits di MTs Ribatul Mutaallimin dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan metode menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang proses penerapan metode menghafal dalam pembelajaran Al quran Hadits di MTs Ribatul Mutallimin. Sedangkan kegunaan penelitian ini secara teoritis diharapkan dapat Memberikan pengetahuan dan wawasan tentang konsep penerapan metode menghafal dalam pembelajaran Al Quran Hadits. Serta sebagai masukan dan sebagai bahan pertimbangan dalam usaha meningkatkan penerapan metode menghafal dalam pembelajaran Al Quran Hadits.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Riabtul Mutaallimin Pekalongan, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pola pikir induktif yaitu cara menarik kesimpulan dengan cara berangkat dari fakta – fakta yang khusus menuju kesimpulan yang bersifat umum.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan metode menghafal dalam pembelajaran Al quran Hadits di MTs Ribatul Mutaallimin menggunakan bentuk pembelajaran secara klasikal dan privat. Bentuk pembelajaran secara klasikal menekankan pada penyampaian materi dengan menggunakan metode ceramah, Tanya jawab dan demonstrasi. Sedangkan tahap privat menekankan pada penguasaan hafalanya. (2) Faktor – faktor yang mendukung dalam penerapan metode menghafal dalam tersebut: motivasi dan kesabaran guru. Niat yang kuat dari peserta didik, dukungan dari teman. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu: Guru yang masih jauh dari pengembangan wawasan tentang efektifitas kegiatan pembelajaran, latar belakang siswa dan kurangnya minat belajar siswa, waktu yang tersedia hanya 2 jam pelajaran atau 80 menit padahal melihat kemampuan siswa yang berbeda-beda memerlukan waktu yang banyak dalam membenahi hafalan siswa, kurangnya bahan ajar atau buku bacaan yang tersedia.
10SK103121.00 | SK PAI13.1031 PRA p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain