SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Penerapan Metode Tematik Dalam Pembelajaran PAI Tema Lingkungan Pada Siswa Kelas III Di MSI 09 Bendan
Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik kelas III berada pada tingkat perkembangan suatu kesatuan yang utuh (holistik) dan hanya mampu memahami hubungan antara konsep secara sederhana. Oleh karena itu, baik dalam pembelajaran pelajaran umum maupun pembelajaran PAI pada kelas rendah di Madrasah Ibtidaiyah lebih tepat dengan pendekatan tematik. Jika pembelajaran di kelas rendah hanya pelajaran umum saja yang menggunakan pendekatan tematik maka akan terjadi ketimpangan. Dalam hal ini MSI 09 Bendan berusaha mengembangkan metode tematik dalam pembelajaran PAI meski belum secara menyeluruh.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penerapan metode tematik dalam pembelajaran PAI tema Lingkungan pada siswa kelas III di MSI 09 Bendan dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan metode tematik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang proses penerapan metode tematik dalam pembelajaran PAI tema Lingkungan pada siswa kelas III di MSI 09 Bendan serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode tematik tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk menyempurnakan penerapan metode tematik dalam proses pembelajaran PAI di sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di MSI 09 Bendan Pekalongan. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukan: (1) Penerapan metode tematik dalam pembelajaran PAI tema lingkungan pada siswa kelas III di MSI 09 Bendan kurang sesuai dengan konsep yang sebenarnya dari Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama sehingga belum berhasil diimplementasikan dengan baik dan penerapannya kurang maksimal, baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi. Pelaksanaan metode tematik di dalam kelas juga diselingi dengan metode pembelajaran yang lain seperti ceramah, diskusi, dan demonstrasi. (2) Faktor – faktor yang mendukung dalam penerapan metode tematik dalam pembelajaran PAI tersebut antara lain: Minat dan motivasi siswa, lingkungan, buku paket, bimbingan guru dan dukungan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya pemahaman guru terhadap pembelajaran tematik, latar belakang pendidikan guru, latar belakang siswa dan tingkat kemampuan siswa yang berbeda – beda, sarana prasarana yang kurang memadai.
10SK103021.00 | SK PAI13.1030 SHO p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain