SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV-VI Di SDN 04 Wonokerto Kulon Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan
Pendidikan Islam adalah suatu usaha teratur yang dilakukan oleh orang-orang yang diserahi tanggung jawab untuk mendidik dan membimbing seiring dengan pertumbuhan jasmani dan rohani menurut ajaran Islam. Jadi Pendidikan Islam bertujuan untuk mencapai keseimbangan pertumbuhan rohani dan jasmani, serta mengarahkan, mengajarkan, melatih mengasuh dan mengawasi berlakunya ajaran Islam. Dari hasil penjajakan awal yang penyusun lakukan di SDN 04 Wonokerto, diketahui bahwa semangat belajar sebagian peserta didik di sekolah tersebut masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya anak yang suka bolos, pergi mancing kepiting dan bekerja membantu orang tua dan putus sekolah karena kurangnya motivasi peserta didik dalam belajar yang juga disebabkan kurangnya perhatian dari orang tua terhadap belajar peserta didik di rumah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah [1] Bagaimana tingkat perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar siswa kelas IV-VI di SDN 04 Wonokerto Kulon, [2] Bagaimana motivasi belajar siswa kelas IV-VI di SDN 04 Wonokerto Kulon, [3] Seberapa korelasi perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IV-VI di SDN 04 Wonokerto Kulon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, interview, dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah analisis data dengan menggunakan product moment. Sejumlah 42 siswa dipilih untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa. Hasil analisis data secara statistik menunjukan bahwa [1] Perhatian orang tua diketahui nilainya 51-60, termasuk dalam kategori cukup. [2] Motivasi belajar siswa di SDN 04 Wonokerto Kulon diketahui nilainya sebesar 61-70, termasuk dalam kategori cukup. [3] Ada pengaruh positif perhatian orang tua terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di SDN 04 Wonokerto Kulon Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Hal ini berdasarkan perhitungan analisis product moment, sehingga diketahui nilainya 0,415. Setelah dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,304 dan taraf signifikansi 1% sebesar 0,394. Karena r hitung > r tabel maka signifikan.
10SK102521.00 | SK PAI13.1025 NAS p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain