SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pengaruh Pelaksanaan Kegiatan Imtaq Membaca Al-Quran Terhadap Minat Baca Al-Quran Siswa Di SMP N 2 Pekalongan
Membaca Al-Quran merupakan salah satu kegiatan yang kadang-kadang kurang diminati oleh anak, pada dasarnya pelajaran agama lebih menghajatkan pada pembiasaan dan latihan (drill) bagi terampilnya anak dalam membaca, menulis ataupun mengucapkan. Membaca Al-Quran di SMP N 2 Pekalongan bagi siswanya masih ada kendala karena perbedaan latar belakang siswa. Untuk itu dibutuhkan kreatifitas dalam mencegah dan menanggulangi kesulitan minat baca Al-Quran bagi siswa dengan cara membiasakan siswa untuk membaca Al-Quran mengikuti kegiatan imtaq.
Permasalahannya adalah Bagaimana pelaksanaan kegiatan imtaq membaca Al-Quran yang ada di SMP N 2 Pekalongan? Bagaimana minat baca Al-Quran siswa di SMP N 2 Pekalongan? Bagaimana pengaruh pelaksanaan kegiatan imtaq membaca Al-Quran terhadap minat baca Al-Quran siswa DI SMP N 2 Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan imtaq membaca Al-Quran siswa yang ada di SMP N 2 Pekalongan, untuk mengetahui minat baca Al-Quran siswa di SMP N 2 Pekalongan, untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan kegiatan imtaq melalui membaca Al-Quran terhadap minat baca Al-Quran siswa di SMP N 2 Pekalongan. Kegunaan penelitian adalah memberikan masukan dan gambaran dalam melaksanakan penanggulangan terhadap problematika membaca dan minat baca Al-Quran siswa khususnya di SMP N 2 Pekalongan .
Hasil penelitian ini adalah ada Pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan kegiatan imtaq membaca Al-Quran terhadap minat baca Al-Quran siswa di SMP N 2 Pekalongan. Setelah dilakukan penelitian diperoleh bahwa t test sebesar 28, 9167 .Penulis menguji hasil penelitian tersebut pada taraf kesalahan 5%, t tabel sebesar 2,042 Berarti IthI > tt , maka Ho ditolak, Ha diterima. Sedangkan pada tingkat kesalahan 1%, tt sebesar 2,750 maka th > tt , maka Ho ditolak Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa baik perhitungan pada tingkat kesalahan 5% dan 1% memiliki interpretasi sama, bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan anatara pelaksanaan kegiatan imtaq membaca Al-Quran terhadap minat baca Al-Quran siswa di SMP N 2 Pekalongan. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan (Bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan kegiatan imtaq membaca Al-Quran terhadap minat baca Al-Quran siswa di SMP N 2 pekalongan) dapat diterima kebenarannya.
10SK102421.00 | SK PAI13.1024 AMA p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain