SKRIPSI PAI
Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kreativitas dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 1 Kedungwuni
Efektivitas pembelajaran sangat bergantung pada ketepatan strategi, model pembelajaran atau metode yang digunakan. Dalam proses pembelajaran, peran pendidik sangat krusial dan menjadi kunci keberhasilan dalam proses belajar mengajar itu sendiri. Oleh karena itu, berbagai model pembelajaran dapat digunakan dalam proses pembelajaran, yang dapat membantu siswa memahami materi. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kedungwuni. Kegunaan dari penelitian ini diharapkan mampu menambah wawasan mengenai model pembelajaran PJbL, mengetahui dan menganalisis pengaruh model PJbL terhadap kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kedungwuni. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel cluster random sampling, adapun sampel pada penelitian ini berjumlah 73 siswa siswa yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran PJbL dan kelas kontrol yang tidak diberi model tersebut. Teknik pengumpulan data berupa tes dan data penelitian tersebut dianalisis menggunakan independent sample t-test.
25SK2521031.00 | SK PAI 25.031 GUN p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain