SKRIPSI KPI
Peran Akun Instagram @Dawuhguru Sebagai Media Pembangunan Otoritas Keagamaan Bagi Warga Nahdliyin Di Era Media Baru
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan media baru yang telah memengaruhi bentuk dan persepsi otoritas keagamaan, khususnya melalui platform media sosial seperti Instagram. Akun @Dawuhguru menjadi salah satu contoh bagaimana otoritas keagamaan bertransformasi dan dijalankan di ruang digital, menawarkan pendekatan yang lebih inklusif dan terhubung langsung dengan pengikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran akun @Dawuhguru dalam membangun otoritas keagamaan dan menyampaikan dakwah di era digital. Penelitian ini tidak hanya memperluas literatur yang ada, tetapi juga menawarkan wawasan praktis bagi pengelola akun keagamaan, institusi keagamaan, dan masyarakat luas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis wacana kritis Norman Fairclough dan konsep otoritas dari Max Weber untuk menganalisis strategi dan bentuk penyampaian otoritas keagamaan di akun @Dawuhguru. Data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap konten di akun Instagram @Dawuhguru, wawancara dengan pengelola akun, serta survei persepsi dari pengikutnya. Pendekatan ini memungkinkan analisis yang mendalam terhadap makna, interaksi, dan pesan yang disampaikan melalui konten keagamaan.
25SK2534002.00 | SK KPI 25.002 MOH p | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain