SKRIPSI PAI
Efektifitas Bimbingan Belajar Untuk Siswa Yang Masih Sulit Baca Al-Quran di SDN Karangasem 03 Batang
Skripsi ini membahas tentang Efektifitas Bimbingan Membaca Al-Qur’an Untuk Siswa di SDN Karangasem 03 Batang. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa seorang pendidik tidak hanya harus memilih metode dengan baik, namun juga harus memperhatikan cara penerapan metode tersebut. Sebab meskipun metode pembelajaran yang dipilih sudah tepat, namun jika penerapan metodenya tidak tepat, maka yang terjadi adalah terciptanya suasana belajar yang kurang nyaman dan suasana pembelajaran menjadi kurang menyenangkan sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif. Salah satu metode pembelajaran yang dianggap efektif dalam mengatasi masalah kesulitan membaca Al-Quran adalah penggunaan metode bimbingan belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana implementasi dan efektifitas bimbingan belajar untuk siswa yang masih sulit baca Al-Quran di SDN Karangasem 03 Batang. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk Mengetahui Bagaimana implementasi dan efektifitas bimbingan belajar untuk siswa yang masih sulit baca Al-Quran di SDN Karangasem 03 Batang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualiitatif, dengan mencari data menggunakan observasi, wawancara, dan sejumlah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Program bimbingan belajar di SDN Karangasem 03 Batang merupakan upaya terstruktur untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa. Melalui Program bimbingan belajar, program ini menyesuaikan pendampingan sesuai kebutuhan siswa dan menggunakan metode yang efektif. Meskipun ada tantangan seperti perbedaan latar belakang dan keterbatasan waktu, dukungan dari orang tua dan kolaborasi antar siswa menjadi kunci keberhasilan.
25SK2521011.00 | SK PAI 25.011 WAH e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain