SKRIPSI PGMI
Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Kegiatan Membatik Jumputan Di Kelas 4 MI Sudirman Pekalongan
Di era globalisasi, kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan menciptakan persaingan yang semakin kompleks, sehingga kualitas individu perlu ditingkatkan. Pendidikan kini tidak hanya berfokus pada aspek kecerdasan, tetapi juga kreativitas, mencakup kemampuan memecahkan masalah dan menempatkan diri secara tepat. Pemerintah melalui Kurikulum Merdeka menyediakan proyek penguatan profil pelajar Pancasila, termasuk dimensi kreatif. Di MI Sudirman Pekalongan, rendahnya kreativitas siswa kelas 4 terlihat dari hasil membatik sebelumnya yang dinilai kurang memuaskan. Oleh karena itu, dipilihlah kegiatan membatik jumputan untuk memberikan kebebasan siswa dalam menentukan warna dan pola sehingga dapat menumbuhkan kreativitas mereka. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan perencanaan kegiatan membatik jumputan sebagai implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila di kelas 4 MI Sudirman Pekalongan, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan membatik jumputan sebagai implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila di kelas 4 MI Sudirman Pekalongan, (3) Mendeskripsikan evaluasi kegiatan membatik jumputan sebagai implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila di kelas 4 MI Sudirman Pekalongan. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
25SK2523006.00 | SK PGMI 25.006 ZIY i | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain