TESIS PGMI
Kurikulum Merdeka: Implementasi, Kebutuhan, Tantangan, Dan Solusi Di MI Tashwirul Afkar Pemalang
Latar belakang masalah ini menyoroti pentingnya transformasi pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah melalui penerapan Kurikulum Merdeka, yang dirancang untuk memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran sesuai kebutuhan lokal dan karakteristik siswa. Namun, implementasinya menghadapi berbagai tantangan, baik dari segi internal seperti keterbatasan sumber daya, keterampilan guru, dan kebutuhan analisis mendalam, maupun dari segi eksternal seperti regulasi pemerintah dan persepsi masyarakat. Proses analisis kebutuhan menjadi esensial untuk memastikan pembelajaran berjalan efektif, terutama dalam mengatasi isu literasi dan numerasi yang masih rendah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan, tantangan, dan solusi dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di MI Tashwirul Afkar Pemalang, dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pendidikan di tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus untuk mendalami implementasi Kurikulum Merdeka di MI Tashwirul Afkar Pemalang. Subyek penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, guru, dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian diuji keabsahannya menggunakan triangulasi data dan metode. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif analisis, mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mendalam tentang kebutuhan, tantangan, dan solusi dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di lokasi tersebut.
25TS2553004.00 | TS P.PGMI 25.004 SIT k | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain