SKRIPSI KPI
Mediamorfosis Dakwah Santri Al-Hikamussalafiyyah Dari Media Cetak Majalah Ghirah Ke Media Sosial Akun Instagram @santricipulus
Pesatnya arus zaman dan kemajuan teknologi memengaruhi cara dakwah santri dan harus mengikuti arus pekembangan zaman yang pada mulanya berdakwah menggunakan lisan, kini menggunakan media dalam menyampaikan pesan dakwah. Namun, mediamorfosis dakwah santri juga membawa tantangan tersendiri. Oleh karenanya, penting untuk mengerti secara mendalam tentang mediamorfosis dakwah santri, termasuk dampaknya terhadap efektivitas dakwah, pola interaksi sosial, dan adaptasi santri terhadap perubahan tersebut. Dengan pemahaman yang baik, dapat dikembangkan strategi dakwah yang selaras dengan pertumbuhan teknologi dan kebutuhan khalayak, sehingga dakwah santri tetap efektif dan relevan dalam mensyiarkan ajaran agama Islam pada era digital ini Perkembangan zaman, ilmu komunikasi serta teknologi menyebabkan preferensi manusia menjadi meningkat. Akibatnya manusia sangat haus akan informasi yang menjadikan mobilitas informasi pun berputar begitu cepat. Untuk mempertahankan eksistensi lembaga, maka santri Al-Hikamussalafiyah mentransformasi media dakwahnya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: 1). Mengetahui mediamorfosis dakwah santri Al-Hikamussalafiyah dari media cetak majalah Ghirah ke media sosial akun Instagram @santricipulus 2). Mengetahui analisis SWOT transformasi media dakwah santri Al-Hikamussalafiyyah dalam akun Instagram @santricipulus Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh data primer, maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancra, observasi dan dokumentasi.
24SK2434180.00 | SK KPI 24.180 AHM m | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain