SKRIPSI BPI
Bimbingan Klasikal Berbasis Islami Untuk Menangani Kenakalan Siswa SMK Gatra Praja Pekalongan
Kenakalan siswa terjadi saat remaja atau saat peralihan dari kanak-kanak ke dewasa. Ada berbagai jenis kejahatan yang biasa dilakukan, mulai dari membolos dan melanggar peraturan sekolah hingga perkelahian pelajar dan bahkan melakukan pelanggaran hukum. Hal tersebut dapat dicegah melalui bimbingan klasikal berbasis islami yang disampaikan oleh guru bimbingan konseling untuk dapat meringankan masalah tersebut dan membantu siswa dalam mengembangkan dirinya sesuai dengan ajaran agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kenakalan siswa di SMK Gatra Praja Pekalongan?, (2) Bagaimana bimbingan klasikal berbasis islami dalam menangani kenakalan siswa SMK Gatra Praja Pekalongan? Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui kenakalan siswa SMK Gatra Praja Pekalongan dan untuk mengetahui bimbingan klasikal berbasis islami dalam menangani kenakalan siswa SMK Gatra Praja Pekalongan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitiannlapangan (fieldnresearch). Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kenakalan siswa di SMK Gatra Praja Pekalongan terbagi menjadi dua kategori yaitu kenakalan yang bersifat amoral/asosial dan kenakalan siswa yang bersifat pelanggaran hukum. Dalam menangani kenakalan siswa di sekolah yaitu dengan melakukan bimbingan klasikal berbasis islami yang dilakukan setiap satu minggu sekali. Adapun tahapan kegiatan bimbingan klasikal berbasis islami yaitu menyusun program BK, melaksanakan program BK, evaluasi pelaksanaan BK.
24SK2435176.00 | SK BPI 24.176 MEY b | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain