SKRIPSI PBS
Strategi Peningkatan Kinerja Pemasaran Koperasi Syari'ah (Studi Kasis Di BTM Pemalang Cabang Moga Kabupaten Pemalang)
Peningkatan Kinerja Pemasaran Koperasi Syariah (Studi Kasus di BTM Pemalang Cabang Moga. Peningkatan kinerja pemasaran pada koperasi syariah menjadi tantangan penting dalam menghadapi persaingan yang semakin kompetitif di sektor keuangan. BTM Pemalang Cabang Moga, sebagai lembaga keuangan berbasis syariah, perlu meningkatkan efektivitas pemasarannya untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh BTM Pemalang Cabang Moga dengan menggunakan pendekatan 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence) guna meningkatkan kinerja pemasaran, yang diukur melalui indikator volume penjualan dan pertumbuhan jumlah pelanggan. Penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan objek penelitian di BTM Pemalang Cabang Moga Kabupaten Pemalang. Informan dalam penelitian ini sebanyak 3 karyawan BTM Pemalang Cabang Moga dan 2 anggota. Informan yang dipilih dengan Teknik Triangulasi Sumber. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran 7P berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan kinerja pemasaran BTM Pemalang Cabang Moga. Peningkatan terlihat pada peningkatan volume penjualan dan pertumbuhan jumlah anggota. Di antara seluruh strategi, aspek promosi memiliki pengaruh terbesar, terutama melalui pendekatan personal yang memperkuat hubungan dengan pelanggan dan membangun loyalitas yang berkelanjutan
24SK2442187.00 | SK PBS 24.187 ILM s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain