SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Implementasi Kurikulum Muatan Lokal English Conversation Kelas X Di SMA Al-Irsyad Pekalongan
English conversation pada umumnya dilaksanakan di lembaga pelatihan
kursus (LPK) yang menyediakan pelatihan Bahasa Inggris. Namun karena melihat
bahwasannya bahasa Inggris merupakan bahasa dunia yang dibutuhkan oleh
masyarakat global pada umumnya, maka English conversation dimasukkan ke
dalam muatan lokal yang nantinya akan menjadi lahan bagi peserta didik dalam
mengembangkan kemampuan percakapan dengan menggunakan bahasa Inggris
dengan baik. Oleh sebab itu, arus globalisasi bukan untuk dihindari akan tetapi
merupakan sesuatu yang harus kita hadapi. Materi kurikulum sebagai alat
pendidikan harus bersumber dari kepentigan masyarakat global. Oleh karena itu,
untuk menghadapi arus globalisasi yang terus berkembang, muatan lokal English
Conversation adalah salah satu muatan lokal atau materi kurikulum yang
bersumber dari kepentingan masyarakat global.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian
ini adalah Bagaimana kurikulum pendidikan muatan lokal English Conversation
Kelas X di SMA Al-Irsyad Pekalongan, bagaimana implementasi kurikulum
pendidikan muatan lokal English Conversation Kelas X di SMA Al-Irsyad
Pekalongan, dan apa faktor penghambat dan pendukung implementasi kurikulum
pendidikan muatan lokal English Conversation Kelas X di SMA Al-Irsyad
Pekalongan. Sedangkan tujuan untuk mengetahui kurikulum pendidikan muatan
lokal English Conversation Kelas X di SMA Al-Irsyad Pekalongan adalah untuk
mengetahui kurikulum pendidikan muatan lokal English conversation Kelas X di
SMA Al-Irsyad Pekalongan, mengetahui pelaksanaan muatan lokal English
conversation Kelas X di SMA Al-Irsyad Pekalongan dan u ntuk mengetahui
capaian hasil belajar pendidikan muatan lokal English conversation Kelas X di
SMA Al-Irsyad Pekalongan. untuk mengetahui pelaksanaan muatan lokal English
Conversation Kelas X di SMA Al-Irsyad Pekalongan dan untuk mengetahui
capaian hasil belajar pendidikan muatan lokal English Conversation Kelas X di
SMA Al-Irsyad Pekalongan. Kemudian kegunanan penelitian ini dapat menjadi
sumbangan pemikiran dan bahan masukan bagi sekolah khususnya siswa SMA
Al-Irsyad Pekalongan dalam meningkatkan mutu sekolah dan evaluasi kegiatan
belajar mengajar melalui kurikulum muatan lokal English Conversation kelas X di
SMA Al-Irsyad Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, artinya suatu pendekatan
dalam melakukan penelitian yang berorientasi pada fenomena atau gejala yang
bersifat alami, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi
lapangan (field research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data
primer dan sumber data skunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif.
Jadi, pelaksanaan muatan lokal English Conversation kelas X di Sma Al-Irsyad Pekalongan sudah baik ditandai dengan adanya konsep muatan lokal
kurikulum English Conversation yang didalamnya berupa dasar, tujuan, pemihan
bahan ajar, metode, media pembelajaran, dan evaluasi. Namun jika dilihat dari
faktor penghambat, muatan lokal ini masih mempunya kekurangan yaitu Tidak
adanya perhatian khusus dari lajnah pendidikan dan pengajaran (LPP) di Al-Irsyad Al -Islamiyah pekalongan yang merupakan lembaga atau penyelengara di
bidang pendidikan dan pengajaran di Al-Irsyad Al-Islamiyah atau induk dari pada
yayasan pendidikan di Al-Irsyad Al -Islamiyah. Konsep - konsep kurikulum
muatan lokal English Conversation di SMA Al-Irsyad pekalongan dibuat sendiri
tanpa ada bantuan dari yayasan yang seharusnya mempunyai peran aktif dalam
bidang pendidikan di organisasi Al-Irsyad Al -Islamiyah pekalongan, baik berupa
pengadaan dana pendidikan untuk muatan lokal English conversation.
10SK101921.00 | SK PAI13.1019 AZM i C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain