SKRIPSI PIAUD
Implementasi Media Magic Box Untuk Menstimulasi Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dan Warna Anak Usia 4-6 Tahun Di TK As Syifa Sidorejo Tirto Pekalongan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan anak usia dini ialah jenjang pendidikan dasar pada masa ini yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditunjukan bagi anak sejak lahir sampai usia empat tahun, pendidikan ditutut harus mengembangkan aspek perkembangan anak salah satunya yaitu kognitif anak mengenal bentuk geometri dan warna di TK As Syifa Sidorejo Tirto Pekalongan ini beberapa anak yang kurang perkembangan kognitif dalam melakukan kegiatan belajar bentuk geometri dan warna. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Untuk mendeskripsikan implementasi media magic box untuk menstimulasi kemampuan mengenal bentuk geometri dan warna anak usia 4-6 tahun di TK As Syifa Sidorejo Tirto Pekalongan. 2) Untuk mendeskripsikan faktor yang mendukung dan penghambat media magic box untuk menstimulasi kemampuan mengenal bentuk geometri dan warna anak usia 4-6 tahun di TK As Syifa Sidorejo Tirto Pekalongan. Jenis penelitian ini yaitu berupa penelitian lapangan ( field reseach ) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media magic box untuk menstimulasi kemampuan mengenal bentuk geometri dan warna anak usia 4-6 tahun di TK As Syifa Sidorejo Tirto Pekalongan mengalami peningkatkan dan berkembang sangat baik. Meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri dan warna menggunakan media magic box indikator yaitu, anak dapat melalui kegiatan bermain dan belajar bentuk geometri dan warna di dalam media magic box, anak mampu menyebutkan bentuk geometri dan warna, anak mampu menjawab pertanyaan dari guru, anak berani maju kedepan. Proses pembelajaran juga dilakukan dengan cara yang menyenangkan serta disesuaikan dengan kemampuan anak.
24SK2424141.00 | SK PIAUD 24.141 RIS i | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain