SKRIPSI PBA
Analisis Kesalahan Fonologi Dalam Membaca Teks Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan
Kesalahan fonologi ketika mengucapkan bunyi huruf hijaiyah baik dalam segi lisan maupun tulisan dapat menjadi masalah saat proses pembelajaran bahasa Arab. Apabila terjadi kesalahan saat pengucapan fonem bahasa Arab dapat menyebabkan perubahan makna dan pemahaman bagi yang mendengarkan. Kesalahan tersebut juga terjadi pada siswa kelas VIII SMP NU Kajen yang kemampuan membacanya masih rendah, seperti siswa yang masih terbata-terbata ketika membaca teks bahasa Arab, kesulitan membedakan huruf-huruf yang serupa baik dari segi pelafalan maupun bentuknya, serta kesalahan dalam melafalkan pendek dan panjang bacaan. Oleh karena itu penting untuk meminimalisir atau bahkan menghilangkan kesalahan tersebut. Hal ini melatar belakangi peneliti untuk melakukan penelitian di SMP NU Kajen dengan menganalisis kesalahan tersebut untuk menemukan solusi yang dapat diterapkan pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan membaca teks bahasa Arab dalam tataran fonologi, faktor-faktor penyebab kesalahan fonologi dalam membaca teks bahasa Arab, dan upaya untuk mengatasi kesalahan tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Apa saja bentuk-bentuk kesalahan fonologi yang dialami siswa kelas VIII SMP NU Kajen? 2) Apa saja faktor-faktor penyebab kesalahan fonologi dalam membaca teks bahasa Arab pada siswa kelas VIII SMP NU Kajen? 3) Bagaimana upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesalahan fonologi dalam membaca teks bahasa Arab pada siswa kelas VIII SMP NU Kajen? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primer penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas VIII SMP NU Kajen, sedangkan sumber data sekundernya kepala sekolah, buku dan jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian.
24SK2422112.00 | SK PBA 24.112 SIT a | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain