SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Metode Pembelajaran Game-Based Learning Melalui Question Serenade Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Barisan Dan Deret
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode pembelajaran Game Based Learning (GBL) menggunakan question serenade dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di kelas XI MIPA MAN 1 Brebes. Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya inovasi dalam pembelajaran, terutama di era digital, di mana siswa cenderung lebih tertarik pada pendekatan yang interaktif dan menyenangkan. Game Based Learning terbukti mampu menciptakan suasana belajar yang menarik, sehingga siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini: 1) Bagaimana keaktifan siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran game-based learning dalam memahami konsep barisan dan deret? 2) pakah ada perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar siswa antara penggunaan pembelajaran game-based learnina dan metode konvensional pada materi barisan dan deret? Dengan tujuan peneliti untuk mengevaluasi sejauh mana efektivitas penggunaan metode pembelajaran game-based learning dalam meningkatkan pencapaian belajar siswa dalam materi barisan dan deret di kelas tersebut. Di samping itu peneliti ingin meneliti apakah pembelajaran dengan menggunakan game-based learning lebih efektif dibandingkan metode konvensional. Metode penelitian yang diterapkan adalah desain quasi eksperimental, yang melibatkan dua kelas: kelas eksperimen XI MIPA 3 yang menerapkan game question serenade dan kelas kontrol XI MIPA 4 yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Sebelum dan sesudah proses pembelajaran, siswa menjalani pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan hasil belajar. Hasil analisis menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok, dengan rata-rata post-test kelas eksperimen mencapai 74,76, sementara kelas kontrol hanya 57,71. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan GBL, khususnya melalui permainan question serenade, tidak hanya meningkatkan pengetahuan siswa tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, serta mendorong kerja sama dan keterampilan sosial di antara siswa.
24SK2426128.00 | SK TM 24.128 KEM p | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain