SKRIPSI EKOS
Pengaruh Karakteristik Produk Terhadap Pembelian Impulsif di E-Commerce Yang Dimoderatori Oleh Gender (Studi kKasus Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan Angkatan 2019-2023)
Kemudahan belanja online di e-commerce dapat meningkatkan pembelian impulsif. Adapun faktor yang dapat memicu untuk berperilaku impulsif ialah peran dari produk itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh karakteristik produk terhadap pembelian impulsif di e-commerce dengan penambahan variabel gender sebagai variabel moderator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode field research. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi ekonomi syariah UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan angkatan 2019-2023 yang jumlahnya 938 dan diambil sampel sebanyak 90 mahasiswa dengan menyebarkan kuesioner berupa link google form. Teknik pengambilan sampel pengambilan sampel dengan insidental sampling dan dihitung menggunakan rumus slovin. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan metode interaksi atau Moderating Regression Analysis (MRA) dan diolah dengan menggunakan SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel karakteristik produk dari uji t diperoleh tingkat signifikansi sebesar 0,020 < 0,05 dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 2,363 > 1,987 artinya karakteristik produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif. Variabel gender dari hasil uji t diperoleh tingkat signifikansi sebesar 0,933 > 0,05 dengan nilai t hitung < t tabel yaitu 0,084 < 1,987 artinya gender secara parsial tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Interaksi antara variabel karakteristik produk dengan variabel gender dari hasil uji t diperoleh tingkat signifikansi sebesar 0,998 > 0,05 dengan t hitung < t tabel yaitu 0,003 < 1,987 artinya interaksi antara karakteristik produk dengan gender tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif atau karakteristik produk tidak mempengaruhi pembelian impulsif yang dimoderatori oleh gender. Variabel gender tidak bisa memoderatori hubungan antara karakteristik produk terhadap pembelian impulsif. Hasil determinasi diperoleh nilai dari adjusted R square sebesar 0,389 maka dapat disimpulkan bahwa variabel pembelian impulsif di e-commerce dapat dijelaskan oleh variabel karakteristik produk yang dimoderatori oleh gender sebesar 38,9% dan sisanya yaitu 61,1% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.
Kata Kunci: Pembelian Impulsif, Karakteristik Produk dan Gender
24SK2441307.00 | SK EKOS 24.307 NUR p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain