TESIS PAI
Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Pada Materi Asmaul Husna Kelas VII MTS. Al-Hikmah Proto Kedungwuni
Pemahaman merupakan aspek sentral dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran, pemahaman dapat dijadikan tolak ukur kemampuan siswa untuk dapat mengerti apa yang telah diajarkan oleh guru. Pembentukan pemahaman siswa memerlukan keterlibatan aktif dari siswa untuk melakukan eksplorasi, refleksi, dan penerapan konsep yang dipelajari dalam konteks pengalaman pribadi mereka. Salah satu model pembelajaran di era sekarang yang efektif diterapkan untuk meningkatkan pemahaman siswa adalah model pembelajaran project based learning (PjBL) karena model pembelajaran ini memberikan tekanan pada aktivitas siswa dalam belajar memecahkan beragam masalah yang bersifat “open-ended” dan dapat mengaplikasikan pengetahuannya untuk mengerjakan proyek agar tercipta “produk otentik” tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) efektivitas model pembelajaran project Based Learning dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi asmaul husna kelas VII MTs AL-Hikmah Proto 2) implikasi dari penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap Kondisi belajar Siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif quasi experiment dengan bentuk non-equivalent control group design. Bentuk penelitian ini melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan pretest-posttest pada kedua kelompok dan melakukan observasi pada kegiatan pembelajarannya.
24TS2452045.00 | TS P.PAI 24.045 FAR e | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain