SKRIPSI PAI
Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Sikap Religiusitas Pada Masa Instability Di SMP N 01 Tirto
Intelektual dan keagamaan adalah letak dari suatu proses pengembangan dan pendewasaan manusia, Aspek inilah yang saling ketergantungan. Keduanya sangat penting pembentukan individu yang mempunyai mutu tinggi dalam menghasilkan generasi bangsa yang memiliki wawasan berpendidikan dengan disertai sikap religius yang baik Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana “Bagaimana religiusitas peserta didik SMP negeri 1 tirto pada masa Religius Instability ?. Tujuan Penelitian adalah untuk mengidentifikasi religiusitas Peserta didik yang sedang berada pada masa Religius Intability di SMP Negeri 1 Tirto Kabupaten Pekalongan tahun 2023/2024. Kegunaan penelitian adalah dapat memberikan manfaat dan sumbangsih terhadap perkembangan dan kemajuan dalam bidang pendidikan terutama pendidikan Agama Islam Jenis Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian lapangan (field reasearch). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara ,observasi dan dokumentasi.Data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan metode deskriptif analisis bersifat induktif. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian mengenai Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Religiusitas Peserta Didik pada Masa Religious Instability SMP N 1 Tirto , ditemukan hal-hal sebagai berikut: 1.Peran guru PAI SMP Negeri 1 Tirto dalam mengembangkan religiusitas peserta didik pada masa Religious Instability secara tidak langsung melalui upaya yang dilakukan guru PIAI yakni memiliki 9 peranan diantaranya sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih, penasihat, model dan teladan, motivator, pembangkit pandangan dan evaluator. Dalam perspektif pendidikan Islam, pernanan guru dikategorisasikan menjadi empat peranan, diantaranya adalah mursyid, muaddib, mudarrib dan mustasyar. Peranan yang dimiliki oleh guru PAI SMP Negeri 1 Tirtoberdasarkan dari upaya yang dilakukannya. Dari beberapa upaya tersebutlah muncul peranan seorang guru. Peran guru tersebut dilakukan dengan harapan besar membawa hasil dalam mengembangkan religiusitas peserta didik.
24SK2421533.00 | SK PAI 24.533 MUH p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain