SKRIPSI PAI
Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Sikap Disiplin Santri Di TPQ Nurul 'Ilmi Rusunawa Kuripan Kota Pekalongan
Lingkungan belajar yang baik akan menghasilkan pembelajaran yang baik pula. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan Kepala TPQ, ditemukan beberapa perilaku santri yang tidak mencerminkan sikap disiplin. Beberapa contoh perilaku kurang disiplin yaitu membuang sampah sembarangan, merusak fasilitas TPQ, terlibat dalam perkelahian, mengabaikan tugas, menentang perintah ustadz/ustadzah, mencuri barang teman, menyontek jawaban saat ulangan, sering terlambat, kurang memperhatikan ustadz/ustadzah saat pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana lingkungan belajar di TPQ Nurul Ilmi Rusunawa Kuripan Kota Pekalongan? (2) Bagaimana sikap disiplin santri di TPQ Nurul Ilmi Rusunawa Kuripan Kota Pekalongan? (3) Bagaimana pengaruh lingkungan belajar terhadap sikap disiplin santri di TPQ Nurul Ilmi Rusunawa Kuripan Kota Pekalongan?. Metode penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis studi lapangan (field research) dimana desain penelitian yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan dua variabel. Jumlah populasi yaitu 45 dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 40 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh atau exhaustive. Hasil penelitian ini menemukan data bahwa: (1) Lingkungan belajar santri di TPQ Nurul ‘Ilmi Kota Pekalongan masuk kedalam kategori sangat baik. (2) Sikap disiplin santri di TPQ Nurul ‘Ilmi Kota Pekalongan masuk kedalam kategori cukup baik. (3) Hasil dari analisis menggunakan uji regresi linier sederhana dengan memperoleh hasil sebesar 0,205. Maka nilai signifikan dari data sebesar 0,205> 0,05 artinya bahwa tidak terdapat pengaruh antara variabel X (lingkungan belajar) terhadap Y (kedisplinan santri). Persentase sumbangan pengaruh lingkungan belajar sebesar 42% dengan sisanya 58% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan Ho diterima dan Ha ditolak, yang artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh lingkungan belajar terhadap sikap disiplin santri TPQ Nurul 'Ilmi Rusunawa Kuripan Kota Pekalongan.
24SK2421525.00 | SK PAI 24.525 MFA p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain