SKRIPSI PAI
Metode Pembelajaran Fiqih Berbasis Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Kelas VIII Di MTS Negeri Batang
Skripsi ini membahas tentang Metode Pembelajaran Fiqih Berbasis Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Kelas VIII Di MTs Negeri Batang. Penelitian ini dilatar belakangi karena pentingnya penggunaan metode pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran fiqih yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana respon serta tindak lanjut guru fiqih kelas VIII MTs Negeri Batang terhadap adanya perubahan kurikulum?, Bagaimana metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran fiqih berbasis kurikulum merdeka di kelas VIII MTs Negeri Batang?, Bagaimana kesesuaian antara metode yang digunakan dengan materi yang disampaikan dalam pembelajaran fiqih berbasis kurikulum merdeka di kelas VIII MTs Negeri Batang?, Bagaimana evaluasi pembelajaran fiqih kurikulum merdeka di kelas VIII MTs Negeri Batang?. Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan tentang respon serta tindak lanjut guru fiqih kelas VIII terhadap adanya perubahan kurikulum. Mendeskripsikan bagaimana penggunaan metode pembelajaran fiqih berbasis kurikulum merdeka. Mesdeskripsikan kesesuaian antara metode dengan materi pembelajaran. Mendeskripsikan tentang evaluasi pembelajaran fiqih kelas VIII. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, dengan mencari data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan sejumlah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: respon yang diberikan oleh guru fiqih terkait dengan Kurikulum Merdeka adalah adanya kurang kesiapan, baik dari segi kemampuan, sarana prasarana, kurangnya contoh, kurang adaptif serta pengelolaan waktu yang kurang. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru fiqih yaitu ada metode project based learning, metode discovery learning, metode jigsaw, metode studi kasus dan metode studi mandiri. Kesesuaian antara metode dengan materi disesuaikan dari segi materi, capaian pembelajaran, dan sarana prasarana. Evaluasi pembelajaran fiqih ditinjau dari kompetensi siswa yang terdiri dari 3 aspek, yaitu aspek kognitif yang dilihat dari segi nilai ulangan siswa, segi afektif dilakukan dengan cara memantau sifat siswa di dalam maupun di luar kelas, dan dari segi psikomotorik ditinjau guru melalui kegiatan baik saat praktik sholat, wudhu maupun saat kegiatan sholat berjamaah di mushola.
24SK2421498.00 | SK PAI 24.498 BUN m | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain