SKRIPSI PAI
Strategi Manajemen Kelas Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa (Studi Pada Kelas X Aqidah Akhlak Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Batang
Penelitian ini dilatarbelakangi yakni Pendidikan memiliki peran krusial dalam pembentukan karakter siswa, termasuk karakter disiplin. Kedisiplinan kelas X menjadi tantangan utama yang dihadapi oleh guru Siswa yang baru memasuki jenjang pendidikan menengah atas seringkali masih beradaptasi dengan lingkungan dan tuntutan akademik yang baru. Kurangnya disiplin dapat mengganggu proses belajar mengajar, menurunkan prestasi akademik, dan menciptakan suasana kelas yang tidak kondusif. oleh karena itu manajemen kelas menjadi salah satu lingkungan penting dalam pendidikan untuk membantu siswa membiasakan karakter disiplin dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dengan rumusan masalah dari penelitian ini yaitu (1) Bagaimana manajemen kelas dalam meningkatkan disiplin siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Batang, (2) Bagaimana strategi dan pendekatan manajemen kelas dalam meningkatkan disiplin siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Batang, serta (3) Faktor apa saja yang menjadi penghambat strategi manajemen kelas dalam meningkatkan disiplin siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Batang. Penelitian ini menggunakan metode kualitaitf, dengan jenis penelitian studi lapangan dan pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi obyek penelitian adalah siswa kelas X dan Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Manajemen Kelas Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Batang sudah dilaksanakan dengan baik. begitu juga yang di lakukan oleh Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dengan inovasi dalam mengatasi perilaku siswa yang menyimpang, memotivasi siswa dengan penerapan penghargaan dan hukuman, menjalin kerjasama dengan guru BK, Wali Kelas dan pelibatan kerjasama dengan orang tua murid memalui komite sekolah yang membantu guru mengenal latar belakang kehidupan siswa, sehingga memudahkan guru dalam melakukan manajemen terkait kedisiplinan.
24SK2421478.00 | SK PAI 24.478 AFI s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain