SKRIPSI PBA
Urgensi Pembelajaran Khat Dalam Menunjang Kemahiran Seni Kaligrafi Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Al Utsmani Kajen Pekalongan
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran (Khat) merupakan salah satu pelajaran muatan lokal yang telah diajarkan di MIS Al-Utsmani Kajen Pekalongan sejak dari kelas I hingga kelas V. Selain mengajarkan kaidah menulis indah juga melatih anak sejak dini agar dapat menulis huruf-huruf Arab dengan baik dan benar sehingga tidak menimbulkan bacaan, arti dan tafsiran yang salah. Mata pelajaran khat diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pelajaran bahasa Arab khususnya dalam aspek kemahiran menulis siswa. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian terkait pentingnya pembelajaran khat dalam menunjang seni kaligrafi di MIS Al-Utsmani Kajen Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kaligrafi kelas V dan seberapa pentingkah pembelajaran kaligrafi dalam melatih kemampuan menulis siswa kelas V dalam kaitannya dengan pelajaran bahasa Arab. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1.Bagaimana pelaksanaan pembelajaran seni kaligrafi di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Al-Utsmani Kajen Pekalongan? 2. Bagaimana urgensi pembelajaran seni kaligrafi dalam mahārah al-kitābah di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Al-Utsmani Kajen Pekalongan? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan bearasal dari data primer yaitu: guru bahasa Arab, guru seni kaligrafi, dan sebagian siswa kelas V MIS Al-Utsmani. Sedangkan sumber data sekunder yaitu buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian. Peneliti menggunakan teknik analisis yang dikembangakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitan menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran kaligrafi di MIS Al utsmani Kajen dilakukan secara konsisten satu minggu sekali dalam dua jam pelajaran yang menggunakan metode demonstrasi dan medianya berupa papan tulis serta buku latihan siswa. Dalam penerapanaya mencakup tiga tahapan yang pertama Hal tersebut penulis ketahui dari hasil observasi dan wawancara dengan siswa dan guru. (2) Urgensi pembelajaran kaligrafi terlihat ketika siswa lebih merasa senang belajar bahasa Arab, mudah dalam membaca materi bahasa Arab dan termotivasi untuk belajar bahasa Arab. Dan itu semua tidak terlepas dari hasil latihan-latihan menulis huruf Arab pada pelajaran kaligrafi.
24SK2422092.00 | SK PBA 24.092 NOV u | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain