SKRIPSI PBA
Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Arab MTS Di Wilayah Kajen Pekalongan
Penelitian ini membahas tentang kompetensi pedagogik guru MTs di wilayah Kajen Pekalongan. Di wilayah Kajen Pekalongan terdapat 2 (dua) madrasah tsanawiyah yakni MTs Al-utsmani dan MTs Muhammadiyah Kajen Pekalongan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kompetensi pedagogik yang harus dimiliki oleh guru bahasa Arab, karena berhubungan langsung dengan peserta didik dan berdampak pada prestasi belajar peserta didik. Guru Bahasa Arab MTs di wilayah Kajen Pekalongan masih ada kesulitan atau kendala dalam memberikan pembelajaran bahasa Arab sehingga menghambat guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik. Berdasarkan latar belakang di atas tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru bahasa Arab di MTs wilayah Kajen Pekalongan dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru bahasa Arab dalam meningkatkan kompetensi pedagogik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Kompetensi pedagogik guru bahasa Arab di MTs wilayah Kajen Pekalongan dikatakan baik, karena dilaksanakan dengan berbagai macam bentuk, a). menguasai karakter peserta didik, b. menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, c). mengembangkan kurikulum, d). menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik , e). berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, f). memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki, g). menyelenggarakan evaluasi dan memanfaatkan hasil penilaian. 2). Kendala guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik terdapat beberapa kendala yang dihadapi diantaranya: a). siswa belum sepenuhnya memiliki dasar bahasa Arab, b). kurangnya sarana dan prasarana sekolah, dan c). waktu pembelajaran bahasa Arab yang minim.
24SK2422090.00 | SK PBA 24.090 KHO k | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain