SKRIPSI PBA
Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyyah Asysyafi'iyyah Kalisoka Tegal
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keluhan siswa yang mengatakan bahwa mereka tidak menyukai mata pelajaran bahasa Arab karena terdapat kosakata yang harus dipahami dan dihafal sekaligus diaplikasikan. Meskipun ada beberapa anak yang memang mampu mengikuti pembelajaran dengan baik, apabila dilihat secara umum kondisi kelas belum efektif, oleh karena itu guru menciptakan metode yang sangat menarik yaitu metode bernyanyi untuk pembelajaran siswa di kelas agar siswa tidak merasa bosan saat pembelajaran dan siswa tidak merasa kesulitan dalam memahami kosakata bahasa Arab. Rumusan masalah dari penlitian ini adalah: 1. Bagaimana implementasi metode bernyanyi dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab pada siswa kelas VI MI Asyafi’iyyah Kalisoka kabupaten Tegal? 2. Apa saja kelebihan dan kekurangan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab pada siswa kelas VI MI Asyafi’iyyah Kalisoka kabupaten Tegal? Jenis penelitian ini adalah studi lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer yaitu: Guru pengampu mata pelajaran bahasa Arab, dan siswa-siswi kelas VI Madrasah Ibtidaiyyah Asysyafi’iyyah Kalisoka Tegal. Sedangkan sumber data sekunder yaitu kepala sekolah, dokumentasi, buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan teori analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, pemaparan data dan penarikan data kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa: 1. Pelaksanaan metode bernyanyi di Madrasah Ibtidaiyyah Asysyafi’iyyah Kalisoka Tegal dilaksanakan satu minggu sekali dalam dua jam pelajaran yang menggunakan media papan tulis serta buku catatan peserta didik. Dalam penerapannya ada tiga tahapan yang pertama perencanaan yaitu pendidik menyiapkan buku ajar, kedua pelaksanaan yang diawali dengan menuliskan kosa kata bahasa Arab di papan tulis setelah itu peserta didik menyalinnya ke dalam buku tulis masing-masing setelah itu guru membacakanya dan mencontohkan nyanyian menggunakan kosakata tersebut kepada peserta didik dan yang ketiga evaluasi pembelajaran guru memberi soal-soal latihan kepada siswa berupa soal huruf tersambung dan terpisah lalu dikerjakan oleh siswa, dan guru memberi kosakata kepada siswa untuk dihafalkan dengan menggunakan metode bernyanyi. 2. Kelebihan pada metode ini yaitu: dapat memperkuat daya ingat siswa, siswa lebih semangat menghafal kosakata bahasa Arab, melatih siswa secara tidak langsung terbiasa melafalkan huruf-huruf Arab. Kelemahan pada metode yaitu: siswa tidak menyukai pembelajaran bahasa Arab, kesulitan menghafal kosakata, serta lupa akan kosakata yang telah dihafal.
24SK2422084.00 | SK PBA 24.084 CHA i | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain