SKRIPSI PBA
Korelasi Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik SMP 2 Muhammadiyah Bobotsari Purbalingga
Problematika yang mendasari kurangnya kepercayaan diri peserta didik SMP 2 Muhammadiyah Bobotsari disebabkan karena mereka baru mengenal bahasa Arab disekolah barunya, selain itu peserta didik yang duduk dibangku bagian belakang, mereka cenderung kurang aktif, malu bertanya, dan kurang mengikuti proses pembelajaran, dan hal ini berpotensi merugikan hasil belajar mereka, sikap tersebut merupakan sikap ketidakyakinan terhadap kemampuan diri, kurang optimis, dan tindakan ketidak beranian menyatakan pendapat hal ini merupakan problematika terkait kepercayaan diri. Hal tersebut juga didukung oleh data penilaian yang peneliti peroleh yaitu hasil belajar peserta didik menunjukan hasil belajar yang memiliki nilai rata – rata jayyid dan maqbul yang juga hampir seimbang. Kepercayaan diri mencakup keyakinan terhadap kemampuan diri, optimisme, keberanian menyatakan pendapat, dan kemampuan bertindak mandiri, menurut Lauster. Indikator ini dapat digunakan sebagai tolok ukur dalam menilai kepercayaan diri peserta didik. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Adakah korelasi kepercayaan diri dengan hasil belajar bahasa Arab peserta didik SMP 2 Muhammadiyah Bobotsari Purbalingga?; (2) Seberapa besar korelasi antara kepercayaan diri dengan hasil belajar bahasa Arab peserta didik SMP 2 Muhammadiyah Bobotsari Purbalingga?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode kuantitatif korelatif yang mengeksplorasi relasi di antara dua variabel yang diobservasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis datanya yaitu uji Korelasi Product Moment yang masuk pada jenis statistik parametris, uji ini digunakan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan atau tidaknya diantara satu variabel independen dengan satu variabel dependen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pada hasil penelitian ini terdapat korelasi yang berarti. Dapat dilihat dari data korelasi Pearson (r) antara kepercayaan diri dan hasil belajar adalah 0.652, dan p-value yang sesuai adalah 0.000. Ini menunjukkan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar bahasa Arab peserta didik SMP 2 Muhammadiyah Bobotsari Purbalingga; (2) Pada hasil dari perhitungan uji korelsi menggunakan SPSS version 16.0 menunjukan taraf sig (2-tailed) menunjukan taraf signifikansi sebesar 0,000 yang artinya 0,000 < 0,05. Maka dari data tersebut sudah dapat diambil kesimpulannya bahwa terdapat korelasi diantara kepercayaan diri dengan hasil belajar bahasa Arab peserta didik SMP 2 Muhammadiyah Bobotsari Purbalingga.
24SK2422077.00 | SK PBA 24.077 NIK k | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain