SKRIPSI PBA
Analisis Tasybih Dalam Kitab Man Jadda Wajada Fi Al-ijtihadi Fi Talabi Al-'ilmi Wa Bazli Al-himmati Fi Tahsilihi Al-mustafadi Min Kalami Al-habibi Zain-ibni Ibrahima-ibni Sumait
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kesalah pahaman kalam tasybīh yang sering gagal dipahami oleh lawan bicara. Tidak semua orang mengenal kaidah kebahasaan tasybīh sehingga kesulitan untuk menerima makna yang diharapkan dari suatu perkataan yang mengandung kaidah tasybīh. Seorang pelajar saja tidak semuanya mampu memiliki pemahaman kaidah kebahasaan tasybīh dengan baik, lebih-lebih orang yang awam. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu (1) Apa saja bentuk Tasybīh dalam kitab Man Jadda Wajada Fī Al-Ijtihādi Fī Ṭalabi Al-‘Ilmi Wa Baẑli Al-Himmati Fī Taḥṣīlihi Al-Mustafādi Min Kalāmi Al-Ḥabībī Zain-Ibni Ibrāhīma-Ibni Sumaiṭ? (2) Bagaimana fungsi Tasybīh dalam kitab Man Jadda Wajada Fī Al-Ijtihādi Fī Ṭalabi Al-‘Ilmi Wa Baẑli Al-Himmati Fī Taḥṣīlihi Al-Mustafādi Min Kalāmi Al-Ḥabībī Zain-Ibni Ibrāhīma-Ibni Sumaiṭ? (3) Bagaimana metode pembelajaran Tasybīh dalam kitab Man Jadda Wajada Fī Al-Ijtihādi Fī Ṭalabi Al-‘Ilmi Wa Baẑli Al-Himmati Fī Taḥṣīlihi Al-Mustafādi Min Kalāmi Al-Ḥabībī Zain-Ibni Ibrāhīma-Ibni Sumaiṭ? Penelitian ini merupakan penelitian pustaka dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitain ini yaitu bersumber dari kitab Man Jadda Wajada Fī Al-Ijtihādi Fī Ṭalabi Al-‘Ilmi Wa Baẑli Al-Himmati Fī Taḥṣīlihi Al-Mustafādi Min Kalāmi Al-Ḥabībī Zain-Ibni Ibrāhīma-Ibni Sumaiṭ dan kitab-kitab balaghah. Sedangkan Sumber data sekundernya yaitu : buku, jurnal, artikel dan penelitian terdahulu sebagai penunjang atau pelengkap data. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa bentuk dan fungsi kalimat tasybīh dalam kitab Man Jadda Wajada terdapat 24 bentuk tasybīh yang terdiri: sembilan bentuk tasybīh yaitu 5 tasybīh muakkad, 1 tasybīh mursal, 3 tasybīh mujamal, 3 tasybīh mufashshal, 4 tasybīh balīgh, 6 tasybīh ghair balīgh, 3 tasybīh tamtsīl dan 3 tasybīh ghair tamtsil. Adapun fungsi tasybīh dalam penelitian ini terdapat enam fungsi yakni 2 fungsi tasybīh balīgh, 1 fungsi tasybīh mujamal, 1 fungsi tasybīh mursal, 1 fungsi tasybīh muakkad dan 1 fungsi tasybīh tamtsīl. Metode pembelajaran tasybīh yang terdapat dalam kitab Man Jadda Wajada dalam penelitian ini terdapat tiga tahapan metode yang digunakan untuk pembelajaran tasybīh yaitu: metode muthala’ah (membaca), metode mahfudzat (menghafal) dan metode insya’ (mengarang).
24SK2422071.00 | SK PBA 24.071 ARW a | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain