SKRIPSI PBA
Implementasi Metode Eklektik Dalam Pembelajaran Nahwu Di Madrasah Diniyah At-taqwa Klareyan Kabupaten Pemalang
Dalam pembelajaran nahwu, metode yang digunakan akan sangat berpengaruh dengan hasil pembelajaran. Pembelajaran nahwu yang dilakukan di Madrasah diniyah menerapkan metode eklektik sebagai metode pembelajarannya. Metode ini mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Dalam implementasi metode eklektik di kelas V madrasah diniyah At-Taqwa Klareyan, menggabungkan antara metode gramatika dan terjemah, metode membaca, metode contoh, dan metode hafalan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1 Bagaimana implementasi metode eklektik dalam pembelajaran nahwu di madrasah diniyah At-Taqwa desa Klareyan ? 2 Bagaimana hasil implementasi metode eklektik pada pembelajaran nahwu di madrasah diniyah At-Taqwa desa Klareyan ? Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif. Sumber data didapatkan dari data primer yakni pengurus madrasah, guru mata pelajaran nahwu kelas V, dan siswa kelas V madrasah diniyah At-Taqwa. Sumber data sekunder didapat dari buku, jurnal, serta dokumen-dokumen yang berkaitan dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun peneliti menggunakan analisis data dengan teori analisis dari Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode eklektik dalam pembelajaran nahwu di madrasah diniyah At-Taqwa Klareyan sudah berjalan dengan baik sesuai dalam hal perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasinya. Adapun hasil dari implementasi metode eklektik yang dilaksanakan di madrasah diniyah At-Taqwa menunjukan bahwa hasil dari pembelajaran sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran nahwu di kelas V madrasah diniyah At-Taqwa Klareyan yakni meningkatnya minat dan pemahaman siswa terhadap materi nahwu. Namun, dalam setiap keberhasilan pembelajaran, pasti ada faktor pendukung serta penghambat tersebut, antara lain adalah profesionalitas guru, kondisi siswa, latar belakang siswa, serta kedisiplinan siswa.
24SK2422064.00 | SK PBA 24.064 ROS i | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain