SKRIPSI PBA
Studi Komparasi Maharah Kitabah Siswa Keturunan Arab Dan Non Arab Di SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Pekalongan
Penelitian ini berangkat dari rasa ingin tahu peneliti mengenai kemampuan maharah kitabah antara siswa keturunan Arab dan siswa keturunan non Arab, apakah terdapat perbedaan atau tidak dan lebih unggul mana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui maharah kitabah di SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pekalongan, kemampuan maharah kitabah siswa keturunan Arab dan non Arab, Perbandingan maharah kitabah siswa keturunan Arab dan non Arab. Metode penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi yang diambil berjumlah 45 siswa dan peneliti menggunakan sampel jenuh yaitu mengambil seluruh jumlah populasi yaitu 45 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validasi yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa maharah kitabah siswa keturunan Arab dan siswa keturunan non Arab kelas VII di SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pekalongan terdapat perbedaan yang signifikan, yaitu maharah kitabah siswa keturunan non Arab lebih unggul dari siswa keturunan Arab. Berdasarkan perhitungan IBM SPSS Statistics 22 diperoleh nilai t0 (t hitung) sebesar 0.082 dan nilai tt (t tabel) dalam taraf signifikansi 5% (0.04) sehingga t0 > tt yaitu 0.082 > 0.04 ( t hitung lebih besar dari t tabel) yang artinya bahwa H0 di tolak dan Ha di terima atau terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa keturunan Arab dan siswa keturunan non Arab. Sedang jika dihitung secara manual diperoleh nilai t hitung sebesar 0.0811 dan dalam taraf signifikasi 5% (0.004) sehingga t0 > tt yaitu 0.0811 > 0.04 ( t hitung lebih besar dari t tabel) yang artinya bahwa H0 di tolak dan Ha di terima atau terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa keturunan Arab dan siswa keturunan non Arab.
24SK2422045.00 | SK PBA 24.045 INA s | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain