SKRIPSI PBA
Evaluasi Maharah Qira'ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII di SMP Salafiyah Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pelaksanaan evaluasi Mahārah Qirā'ah belum dilakukan secara maksimal, karena latar belakang kemampuan siswa yang berbeda. Kemudian, untuk hasil wawancara awal menunjukkan bahwa ada sedikitnya 30% siswa kelas VIII mengalami kesulitan dalam memahami dan merespons teks-teks dalam bahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti terdorong untuk melakukan penelitian proses pelaksanaan evaluasi yang ada di SMP Salafiyah Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Pelaksanaan evaluasi mahārah qirā'ah dan Faktor pendukung serta faktor penghambat evaluasi mahārah qirā'ah dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII di SMP Salafiyah Pekalongan. Untuk tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi maharah qiraah dan Faktor pendukung serta faktor penghambat evaluasi mahārah qirā'ah dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII di SMP Salafiyah Pekalongan. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan. Metode pengumpulan yang digunakan adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Untuk teknik analisis yang digunakan adalah model Miles and Hubberman dengan 3 tahap yaitu pertama Reduksi data kedua Penyajian data dan ketiga Verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Evaluasi mahārah qirā'ah pada pembelajaran Bahasa Arab kelas VIII di SMP Salafiyah Pekalongan memiliki 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Untuk perencanaan dan pelaksanaan maharah qiraah sudah sesuai dengan teori yang ada. Namun untuk evaluasi, berdasarkan teori ada 1 jenis evaluasi yang tidak dilaksanakan yaitu evaluasi penempatan. Alat evaluasi yang digunakan berupa tes dan non tes. Evaluasi tes menggunakan tes tertulis, lisan dan diagnostik, sedangkan non tes SMP Salafiyah hanya melaksanakan observasi terhadap peserta didik. Setelah melakukan wawancara dan observasi peneliti menemukan faktor pendukung dalam pelaksanaan evaluasi, yaitu yang pertama Lingkungan Belajar, kedua Media pembelajaran ketiga Motivasi guru. Untuk faktor penghambatnya yaitu; pertama Kurangnya durasi pembelajaran kedua Latar belakang peserta didik dan ketiga Modul Bahasa Arab.
24SK2422042.00 | SK PBA 24.042 MTH e | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain