SKRIPSI PBA
Efektivitas Media Pembelajaran Animaker Dalam Meningkatkan Kemampuan Hiwar Siswa di MTS Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan
Dalam pembelajaran Mahārah Kalām terdapat beberapa metode, salah satunya ḥiwār. Dalam pembelajaran ḥiwār, diperlukan media agar pembelajaran lebih menarik dan memudahkan siswa dalam pemahaman materi. Seiring berkembangnya teknologi, sekarang ini muncul media yang berbentuk digital salah satunya animaker. Dengan adnya media ini, para siswa dapat mempraktekkan ḥiwār melalui video animasi yang disiapkan oleh guru sehingga mereka lebih mudah memahami materi ḥiwār yang diajarkan oleh guru. Oleh karena itu, kreativitas guru juga diperlukan agar pembelajaran data berjalan dengan baik. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan Ḥiwār siswa di Kelas Kontrol, untuk mengetahui kemampuan Ḥiwār siswa di Kelas Eksperimen, dan mengetahui sejauhmana efektivitas penggunaan media pembelajaran Animaker terhadap kemampuan Ḥiwār siswa di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan tergolong True Experimental Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis serta uji N-gain Score. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Salafiyah NU Karanganyar Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan jumlah 225 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling atau sampel acak sederhana. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian berdasarkan uji N-gain Score kelas kontrol dapat diketahui kemampuan ḥiwār siswa dikelas kontrol yaitu 41,5390 atau 41,54%. Hasil tersebut termasuk dalam kategori kurang efektif. Sedangkan kemampuan ḥiwār siswa dikelas eksperimen yang dilihat dari hasil uji N-Gain Score yaitu 67,1270 atau 67,13%. Hasil tersebut termasuk dalam kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil dari uji hipotesis kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan Sig. (2-tailed) dari perhitungan uji Independent Sample T-test sebesar 0,001. Maka nilai signifikan 0,001 < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima, sehingga terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara pembelajaran yang menggunakan video animaker dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video animaker efektif dalam meningkatkan kemampuan ḥiwār siswa di MTs Salafiyah NU Karanganyar.
24SK2422036.00 | SK PBA 24.036 FAT e | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain