SKRIPSI PIAUD
Implementasi Layanan Bimbingan Konseling Dalam Mengubah Perilaku Anak Hiperaktif Di Kiddos Preschool And Kindergarten Kedungwuni Pekalongan
Bimbingan dan konseling memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai dengan tahapanya yang memungkinkan mereka berkembang dengan optimal. Selain itu, nasehat dan konseling berperan penting sebagai alat dalam penanganan anak yang mengalami kesulitan belajar atau tumbuh kembang, seperti perilaku hiperaktif. Perilaku hiperaktif dapat berdampak bagi diri siswa itu sendiri maupun bagi lingkungan. Adapun permasalahan yang terkait yaitu adanya anak hiperaktif di KIDDOS Preschol and Kindergarten. Melalui konseling yang menawarkan layanan berdasarkan kebutuhan individu anak. Salah satu strategi yang dilakukan untuk membantu anak hiperaktif yaitu dengan terapi. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana implementasi layanan bimbingan konseling dalam mengubah perilaku anak hiperaktif di Kiddos Preschool and Kindergarten dan bagaimana peran konselor dalam menangani anak hiperaktif di Kiddos Preschool and Kindergarten Kedungwuni Pekalongan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi layanan bimbingan konseling dan peran konselor dalam menangani anak hiperaktif di Kiddos Preschool and Kindergarten Kedungwuni Pekalongan. Penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan mengambil tempat di KIDDOS Preschool and Kindergarten Kedungwuni Pekalongan. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi layanan bimbingan konseling dalam mengubah perilaku anak hiperaktif di KIDDOS Preschool and Kindergarten Kedungwuni Pekalongan terlaksana dengan baik. Anak hiperaktif yang mendapat layanan bimbingan konseling khusus oleh konselor mengalami perubahan dari yang awalnyatidak mau masuk kelas, tidak mau mengerjakan tugas yang diberikan guru dan tidak dapat fokus dalam pembelajaran, setelah melakukan terapi yang direkomendasikan oleh konselor anak tersebut sudah ada perkembangan yang baik.
24SK2424119.00 | SK PIAUD 24.119 NAU i | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain