SKRIPSI PIAUD
Implementasi Pola Asuh Demokratis Untuk Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini di TK Pertiwi Menjangan Bojong Pekalongan
Pada penelitian ini kemandirian anak anak usia dini sangat rendah, masih banyak anak yang bergantung dengan orang tuanya maupun orang disekitar anak. Perilaku tersebut akan menghambat anak untuk mengembangkan kemandiriannya. Untuk mengatasinya agar anak mandiri orang tua harus menerapkan pola asuh yang tepat, salah satunya adalah pola asuh demokratis untuk mengembangkan kemandirian anak usia dini. dengan menggunakan pola asuh demokratis anak akan dibiasakan melakukan kegiatannya dengan sendiri, sehingga kemandirian anak akan muncul jika orang tua mengimplementasikan pola asuh demokratis. Penelitian ini mencakup dua rumusan masalah yaitu bagaimana implementasi pola asuh demokratis untuk mengembangkan kemandirian anak usia dini dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menerapkan pola asuh demokratis untuk mengembangkan kemandirian anak usia dini di TK Pertiwi Menjangan. Tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui implementasi pola asuh demokratis untuk mengembangkan kemandirian anak usia dini dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menerapkan pola asuh demokratis untuk mengembangkan kemandirian anak usia dini di TK Pertiwi Menjangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data meliputi perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi metode. Teknik analisis data meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, Penyajian data serta Kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pola asuh demokratis untuk mengembangkan kemandirian anak usia dini di TK Pertiwi Menjangan terdapat 4 aspek penting yaitu menerapkan aturan dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi anak, memberikan kebebasan kepada anak dengan pengawasan dan bimbingan, orang tua mampu berkomunikasi dengan baik pada anak, perhatian dan pengarahan yang baik dari lingkungan sekolah. Faktor pendukungnya meliputi, komunikasi orang tua dengan anak dan adanya kesadaran orang tua mengenai pola asuh yang baik. Faktor penghambatnya meliputi, kurangnya waktu bersama ayah dengan anak dan lingkungan sekitar anak.
24SK2424116.00 | SK PIAUD 24.116 SRI i | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain