SKRIPSI PIAUD
Pengaruh Alat Permainan Edukatif Mystery Box Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Pada Kelompok A Di RAM NU Masyitoh 10 Kradenan
Perkembangan Kognitif Anak Anak usia dini disebut juga masa golden age, dimana masa pertumbuhan dan perkembangan anak berkembang begitu pesat. Periode ini merupakan tahun yang berharga bagi seorang anak untuk mengenali lingkungannya sebagai stimulasi terhadap perkembanganya. Salah satunya perkembangan kognitif Perkembangan kognitif yaitu suatu pengembangan dasar bagi anak yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas serta anak mampu mengembangkan pengetahuan yang sudah dimiliki dengan pengetahuan yang baru diperoleh. Salah satu pengembangan kognitif anak usia dini dapat dilakukan dengan penggunaan alat permainan edukatif yaitu Mystery Box. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana perkembangan kognitif anak kelompok A di RAM NU Masyithoh 10 Kradenan sebelum dan sesudah diterapkannya APE Mystery Box ? 2) Apakah ada pengaruh APE Mystery Box terhadap perkembangan kognitif anak usia dini pada kelompok A di RAM Masyithoh 10 Kradenan ? Jenis penelitian yangdigunakan adalah peneliatian eksperimen (Nonequivalent Control Group Design) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obervasi, tes dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 responden. Uji hipotesis dengan uji Independent Sampel t-Test dengan bantuan SPSS 22. Dari hasil prettest dan posttest penelitian yang dilakukan yaitu melalui media APE Mystery Box dapat mempengaruhi perkembangan kognitif Anak pada kelompok A di RAM NU Masyitoh 10 Kradenan. Hasil ini sesuai dengan uji independent sampel t-Test yaitu diperoleh nilai 0,000
24SK2424110.00 | SK PIAUD 24.110 ANN p | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain