SKRIPSI PIAUD
Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran STEAM Di TK ABA Kraton Pekalongan
Pembelajaran berbasis STEAM adalah salah satu metode pembelajaran atau suatu metode pembelajaran yang digunakan sebagai pedoman dalam terlaksananya kegiatan pembelajaran di kelas. Jenis pembelajaran yang diterapkan di TK Aba Kraton Pekalongan yaitu pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Math). Pembelajaran berbasis STEAM merupakan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak hal tersebut ditunjang dengan menggunakan beragam media guna menyongsong anak dalam menghadapi perkembangan zaman yang pesat. Dengan menerapkan pembelajaran berbasis STEAM ini sebagai upaya untuk membentuk motorik halus anak anak. Dengan berbagai kegiatan yang di tunjang dengan menggunakan berbagai macam media akan menumbuhkan rasa ingin tahu anak, yang akan membuat anak melakukan koordinasi tubuh sehingga motorik halus anak muncul perlahan- lahan meningkat seiring dengan bermain sembari belajar dalam menggunakan metode pembelajaran berbasis STEAM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis STEAM di TK Aba Kraton Pekalongan. Faktor Pendukung dan Penghambat Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis STEAM di TK Aba Kraton Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian (Field Research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Jenis analisis yang digunakan adalah model Milles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, proses reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya meningkatkan motorik halus anak usia dini melalui pembelajaran berbasis STEAM di TK Aba Kraton Pekalongan yaitu dilakukan dengan penggunaan media loose part, bermain proyek dan tanya jawab. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat upaya meningkatkan motorik halus anak usia dini melalui pembelajaran berbasis STEAM di TK Aba Kraton Pekalongan antara lain adanya sarana dan prasarana yang memadai dan adanya loose part Sedangan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan waktu dan perbedaan minat siswa.
24SK2424109.00 | SK PIAUD 24.109 MEN u | My Library (Lantai 3, R. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain